Survei JSN: Demokrat Menguat di Dapil 4 Konsel

  • Bagikan
Data hasil survei JSN. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Lembaga Survei Jaringan Suara Nusantara (JSN) merilis hasil survei elektabilitas partai politik (Parpol) di daerah pemilihan (dapil) 4 pemilihan legislatif (Pileg) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dalam survei yang dilakukan akhir April hingga awal Mei 2023, tercatat elektabilitas partai Demokrat menguat mencapai 19,60 Persen. Angka ini menempatkan partai Demokrat diurutan kedua perolehan elektabitas tertinggi partai politik di dapil 4 Konsel, yang meliputi wilayah Kecamatan Ranomeeto, Ranomeeto Barat, Konda, dan Kecamatan Wolasi.

loker wartawan sultrakini

Direktur Eksekutif JSN, Lery Iskandar Syamsu menyebutkan, menguatnya elektabilitas partai Demokrat di dapil 4 Konsel dipengaruhi oleh kerja-kerja politik mesin partai, dalam hal ini struktur partai, Bacaleg, dan simpatisan yang dinilai berhasil dan dapat diterima oleh masyarakat.

”Partai Demokrat diperingkat kedua, bersaing ketat dengan Partai Golkar diurutan pertama dengan elektabilitas 25,20 persen, dan partai Nasdem diurutan ketiga dengan elektabilitas 12,00 persen,” kata Direktur Eksekutif JSN Lery Iskandar Syamsu saat konferensi pers di salah satu hotel di Kendari, Minggu (14 Mei 2023).

Selanjutnya, berdasarkan data yang dirilis JSN diurutan keempat ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan perolehan elektabilitas 8,80 persen, menyusul partai Hanura 7,60 persen, serta PDIP 6,20 persen.

Baca:   Musda Golkar Kendari, Ini yang Harus Dipenuhi Calon Ketua

“Ada 8,80 persen masyarakat yang belum menentukan pilihan, perolehan elektabilitas partai politik ini masih bisa berubah seiring kerja-kerja politik seluruh Parpol hingga Pemilu 2024,” tegasnya.

JSN juga mengukur elektabilitas bakal calon anggota DPRD di dapil 4 Konsel, dari total 6 kursi yang diperebutkan, Eman Jaya meraih elektabiltas tertinggi dengan perolehan 21,60 persen, menyusul Irham Kalenggo 13,60 persen, Nadira 9,80 persen, dan Andi Ahmad 7,80 persen, serta 47,20 persen masyarakat belum menentukan sikap.

“Memang secara popularitas, masyarakat banyak mengetahui para calon yang maju, tapi inikan masih dalam proses DCS, masih panjanglah perjalanan. Secara elektabilitas itu ada 4 orang, yang personnya sebagai caleg, dipilih oleh masyarakat, mungkin karena mereka melihat proses ke depan, tetapi dalam perjalanannya saya pikir masih bisa berubah, jika para caleg memiliki strategi yang matang dan jitu untuk mendapatkan simpatik masyarakat,” kata Lery Iskandar.

Hal lain yang diukur JSN adalah tingkat kepuasan publik terhadap kinerja anggota DPRD dapil 4 Konsel, dari data JSN, tercatat sebanyak 50,49 persen masyarakat tidak puas dengan kinerja anggota DPRD dapil 4 Konsel, 31,40 persen cukup puas, 9,00 persen puas, dan 0,2 persen tidak tau atau tidak menjawab.

“Dari data diatas, hanya 14,40 persen masyarakat yang ingin memilih kembali anggota DPRD Dapil 4 Konsel, sisanya sekitar 66,80 persen ingin memilih anggota DPRD yang baru,” tutup Lery Iskandar.

Baca:   Dugaan Tindak Pidana Pemilu, Gakkumdu Wakatobi Jadwalkan Pemanggilan Cabup HATI Bersama Tim Suksesnya

Sebagai catatan, Survey JSN di Dapil 4 Konsel menggunakan metode Multistage Random Sampling (MRS), melibatkan 500 Responden dengan Margin Error 2,5 Persen.

Laporan: Hasrul Tamrin

loker marketing sultrakini
  • Bagikan