Syawalan, Universitas Muhammadiyah Kendari Eratkan Persaudaraan

  • Bagikan
Suasana syawalan civitas akademika UMK, Selsa (18/6/2019). (Foto: Muh Yusuf /SULTRAKINI.COM)
Suasana syawalan civitas akademika UMK, Selsa (18/6/2019). (Foto: Muh Yusuf /SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Guna meningkatkan persaudaraan dalam civitas akademika, Universitas Muhammadiyah Kendari menggelar Syawalan, Selasa (18/6/2018). Selain civitas akademika, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sultra, Akhmad Al Jufri.

Rektor UMK, Amir Mahmud, menyampaikan sebenarnya syawalan merupakan ajang silaturahmi untuk saling mendoakan. Kendati untuk saling memaafkan tidak menunggu momen tertentu, cuma kebiasaan masyarakat setelah Hari Raya Idul Fitri ada kegiatan saling memaafkan.

“Melalui kegiatan civitas akademika kita yang terbagi dalam beberapa prodi dan fakultas akan saling mengenal dan mempererat tali persaudaraan,” katanya.

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sultra, Akhmad Al Jufri, menuturkan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Silaturhami saling sering dilakukan sehingga masalah-masalah yang mengganggu hati bisa lebur dengan sendirinya.

“Ini merupakan satu kegiatan yang baik untuk kita tingkatkan,” ujarnya.

Sebagai Pembicara dalam syawalan tersebut, Mudadar, menyampaikan tentang pilar-pilar yang meningkatkan persaudaraan. Pilar yang dimaksud adalah saling mengenal, memahami, kebersamaan untuk mengantisipasi maupun mengatasi masalah, serta mendahulukan kepentingan umum.

“Kendati demikian, kita harus memperhatikan virus yang merusak persaudaraan, yakni dengki, iri hati dan dendam,” tutupnya.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Habiruddin Daeng

Baca:   UMK Lakukan Visitasi Akreditasi Melalui Daring Ditengah Pandemi
  • Bagikan