Tahukah Kamu 8 Bahasa Korea Ini Terdaftar di KBBI?

  • Bagikan
Ilustrasi Badan Bahasa Kemendikbud

SULTRAKINI.COM: Bahasa Korea kini semakin banyak dinikmati untuk dipelajari seiring dengan merebaknya budaya K-Pop, seperti musik dan drama Korea di tengah masyarakat Indonesia. Sebagai salah satu negara dengan penggemar K-Pop terbesar di dunia, tidak sedikit banyak pengemar yang meniru gaya hidup dan cara bicara dengan menggunakan bahasa korea.

Hal Inilah yang menjadi alasan Badan Pengembagan dan Pembinaan Bahasa memasukan delapan kosakata Bahasa Korea ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Kumpulan kosakata tersebut merupakan hasil serapan dari bahasa asing (bahasa Korea) yang telah disesuaikan dengan kaidah-kaidah bahasa Indonesia.

Nah, Berikut delapan kosakata bahasa Korea yang terdaftar di KBBI dilansir Badan Bahasa Kemendikbud.

  1. Oppa

Dalam KBBI, “oppa” merupakan panggilan dari perempuan kepada laki-laki yang lebih tua, biasanya yang memiliki hubungan dekat atau sudah saling mengenal cukup lama.

  1. Bingsu

Dalam KBBI, “bingsu” merupakan minuman berupa es yang diserut menyerupai salju dan diberikan tambahan gula, kacang tanah, buah, dan berbagai pugasan lainnya.

  1. Bibimbap

Dalam KBBI, “bibimbap” merupakan makanan khas Korea berupa nasi, daging, sayur, dan sebagainya serta bumbu yang dimakan dengan mencampurkan semua bahan tersebut serta dapat dilengkapi dengan telur mentah atau matang.

  1. Kimci
Baca:   Indonesia akan Menjadi Tuan Rumah Pertemuan Tingkat Tinggi Jaminan Sosial Sedunia

Dalam KBBI, “kimci” merupakan makanan khas korea, berupa acar pedas yang dibuat dari sayuran, seperti kubis dan lobak yang digarami, dibumbui, kemudian difermentasikan.

  1. Bulgogi

Dalam KBBI, “bulgogi” merupakan makanan khas Korea berbahan dasar daging yang dibumbui kecap asin, gula, dan rempah lain kemudian diolah dengan cara dipanggang atau digoreng.

  1. Mandu

Dalam KBBI, “mandu” merupakan pangsit khas Korea yang biasanya menggunakan tofu (sejenis tahu yang memiliki testur lebih lembut dan mudah dihancurkan).

  1. Mokbang

Dalam KBBI, “Mokbang” merupakan siaran langsung atau video yang mempertontonkan orang memakan banyak makanan untuk hiburan. Faktanya, kini mokbang menjadi tren bahkan banyak ditiru oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia.

  1. Hanbok

Dalam KBBI, “hanbok” merupakan baju tradisional Korea, berupa atasan berlengan panjang menyerupai jaket berkerah V yang diikat pita dan dipadukan dengan rok panjang berpinggang tinggi dan berpotongan lebar di bagian bawah bagi perempuan atau celana longgar panjang bagi pria. (B)

Laporan: Wa Ode rezki Nurdianti
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan