Tanaman Porang Asal Konkep Akan di Pamerkan pada Munas Kadin Indonesia

  • Bagikan
Bupati Konkep, Amrullah (tengah) saat melepas komoditi Porang untuk dipamerkan di Munas Kadin Indonesia, (Foto: Ist) 
Bupati Konkep, Amrullah (tengah) saat melepas komoditi Porang untuk dipamerkan di Munas Kadin Indonesia, (Foto: Ist) 

SULTRAKINI.COM: KONKEP – Jadi salah satu komoditas unggulan daerah, Tanaman Porang asal Kabupaten Konawe Kepulauan akan dipamerkan pada Musyawarah Nasional (Munas) ke- VIII Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia pada Rabu (30 Juni 2021), di Kota Kendari.

Beberapa sampel komoditi Porang yang akan dipamerkan sudah dilepas menuju Kota Kendari tempat pelaksanaan Munas oleh Bupati Konkep, Amrullah, di Aula Rujab Bupati, Senin (28/06/2021).

Amrullah mengatakan setelah melihat hasil budidaya Porang di Konkep saat ini sangat potensi dan menjadi komoditi unggulan daerah. Meski cara budidaya yang dilakukan oleh para petani masih sangat tradisional tapi hasilnya sungguh luar biasa dan patut untuk dikembangkan.

Artinya, menurut dia, jika potensi komoditi ini sudah bisa dikelolah secara moderen dengan sentuhan industri bisa memiliki nilai tambah lebih untuk petani hingga dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat Konawe Kepulauan.

“Karena kalau hanya mengandalkan hasil pertanian yang dipasarkan tidak akan seberapa, berbeda jika hasilnya sudan dikelolah industri bisa menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat,” kata Amrullah, usai melepas komoditi tanaman porang.

Apalagi dinilainya, komoditi Tanaman Porang dapat menjadi peluang usaha bagi masyarakat secara umum karena memiliki peluang kebutuhan ekspor yang cukup besar.

Baca:   Wali Kota: Tak Ada Lockdown, Kendari Siap Sukseskan Munas Kadin Indonesia

Untuk itu, kebetulan ada momen Munas Kadin Indonesia sebagai wadah pertemuan para pengusaha Indonesia, komoditi ini akan dipamerkan untuk menarik minat investasi para pengusaha Indonesia.

“Untuk itu melalui Munas nanti komoditi ini akan dipamerkan sebagai komoditi unggulan daerah yang bisa dikembangkan, dalam rangka menunjang program nasional menjaga ketahanan pangan termasuk Porang ini sangat potensi,” ujarnya.

Melihat potensi Porang di Konkep sangat potensial, dirinya berencana akan melakukan study banding di luar daerah untuk lebih mengembangkan budidaya Porang ini maupun potensi industri. Sehingga kedepan ada stabilisasi harga kedepan.

“Harapan kita melalui instansi terkait tanaman Porang ini bisa dikembangkan sehingga bisa memiliki nilai tambah, sehingga dapat mendatangkan manfaat dan mensejahterakan masyarakat khusus di Konkep,” tutupnya.

Agenda Munas Kadin Indonesia di Kendari, selain melakukan pemilihan Ketua Umum Kadin Indonesia, Panitia Lokal Munas juga akan melakukan pameran beberapa komoditi unggulan daerah Sultra yang akan dipusatkan di Halaman Parkir Hotel Claro Kendari.

Pameran ini sengaja dihadirkan oleh panitia untuk menarik simpati para peserta Munas yang notabennya keseluruhan berlatarbelakang pengusaha nasional maupun daerah, untuk berinvestasi di Sultra.

Pelaksanaan Munas dijadwalkan dimulai pada Rabu 30 Juni sampai 2 Juli 2021 di Kota Kendari. Direncanakan pula, Munas akan dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di pelataran Masjid Al-Alam Kendari.

Baca:   Potensi Ekspor, Dinas Pertanian Mubar Lirik Pengembangan Porang

(Baca juga: Jadi Komoditas Super Prioritas, Balai Karantina Pertanian Genjot Porang Asal Konkep di Ekspor)

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan