Tebing Longsor di Kolaka Nyaris Timpa Rumah Warga, 8 Keluarga Dievakuasi

  • Bagikan
Tebing longsor di Kelurahan Sakuli, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka, Jumat (27 Mei 2022).

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Intensitas curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan longsor pada tebing belakang rumah warga di Keluarahan Sakuli, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka. Sulawesi Tenggara, Jumat (27 Mei 2022).

Tebing tanah setinggi lebih dari lima meter longsor, nyaris mengenai rumah warga. Meski demikian, tebing tersebut menjadi rawan untuk terjadi longsor susulan, mengingat intensitas hujan yang masih tinggi.

Lurah Sakuli, Arianto, menerangkan bagian tebing longsor tersebut nyaris mengenai tujuh rumah warga, serta satu rumah berada di atas tebing. Karena khawatir longsor susulan terjadi, sebanyak delapan kepala keluarga dievakuasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kolaka.

“Tujuh kepala keluarga di Keluarahan Sakuli dan satu kepala keluarga di Jalan Kayangan dievakuasi ke rumah warga untuk sementara,” jelasnya.

Arianto juga meninta tenda kepada pihak BPBD untuk korban, serta mengantisipasi hujan susulan dan potensi longsor lebih bahaya. Di satu sisi, masyarakat sekitar diimbau tidak tinggal di dalam rumah dan tetap berhati-hati.

Sementara itu, Anggota BPBD Kolaka Bagian Evakuasi dan Penanganan Bencana, mengatakan tindak lanjut penanganan tebing longsor di Keluarahan Sakuli sedang dilakukan saat ini.

“Kami mengevakuasi warga terdampak di rumah warga, sambil mengusahakan tenda evakuasi, tenda kami terbatas, saat ini sedang kosong,” ucapnya. (C)

Baca:   Evakuasi Korban Bencana Sulsel masih Berlanjut, Gowa Daerah Terparah

Laporan: Hasrianti
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan