Temukan Penyalahgunaan Narkotika, Warga Baubau Diminta Laporkan untuk Direhabilitasi

  • Bagikan
Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse di dampingi Kepala BNNK Baubau, Alamsyah dalam sosialisasi P4GN. (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Wakil Wali Kota, La Ode Ahmad Monianse mengajak masyarakat melaporkan diri atau sanak keluarga yang dicurigai atau ketahuan mengonsumsi narkotika mendapatkan rehabilitasi dari BNNK Baubau, Sulawesi Tenggara. Hal ini disampaikannya saat mengikuti sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di instansi pemerintah dan lingkungan masyarakat Kecamatan Wolio, Selasa 3 Agustus 2021.

La Ode Ahmad Monianse menilai, penyalahgunaan narkotika tidak bisa dilawan oleh satu orang saja sehingga selain BNNK yang diberikan kepercayaan untuk melakukan pemberantasan dan pencegahan penyalahgunaan narkotika juga perlu mendapatkan dukungan kuat dari kepolisian, pemerintah daerah, termasuk masyarakat.

Salah satu hal bisa dilakukan masyarakat, yaitu melaporkan penyalahgunaan narkotika di lingkungan masing-masing guna dilakukan langkah rehabilitasi.

“Apabila ada keluarga kita terpapar (penyalahgunaan narkotika) agar lebih bagus kita laporkan yang bersangkutan sehingga direhabilitasi. Pengguna narkotika itu bisa kita selamatkan dengan rehabilitasi karena ini setara dengan penyakit, kita harus mengobatinya, kita harus merawatnya hingga benar-benar terlepas dari narkotika,” jelasnya.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

Pihak RT/RW, pemerintah kelurahan, hingga kecamatan juga diharapkan ikut mendukung pemberantasan penyalahgunaan narkotika.

Dikatakan Kepala BNNK Baubau, Alamsyah, pihaknya membentuk tim sebagai anggota pencegahan dan penangulangan narkotika berbasis masyarakat di Kelurahan Bukit Wolio Indah dan Kelurahan Wameo. Tim ini bisa menjadi tujuan masyarakat ketika akan melaporkan penyalahgunaan narkotika. Bisa juga melaporkan ke tingkat RT/RW untuk kemudian ditindaklanjuti oleh tim tersebut

Baca:   RSUD Terakreditasi, Arhawi: Ini Kado Terindah di Hut Wakatobi

“Bisa melaporkan diri atau keluarga untuk bisa diobati, diselamatkan jiwanya agar terlepas dari penyalahgunaan narkotika,” ujarnya. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan