Tenun Muna Bakal Dipakai Presiden Joko Widodo di HPN Kendari?

  • Bagikan
Sekda Kabupaten Muna, Eddy Uga. (Foto: Ist)
Sekda Kabupaten Muna, Eddy Uga. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: MUNA – Dikabarkan, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan menghadiri langsung pelaksanaan puncak Hari Pers Nasional (HPN) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, pada 9 Februari 2022 dan akan mengenakan baju tenun Masalili khas Muna.

Panitia HPN di Kota Kendari, telah memesan produk olahan baju tenun Masalili asal Kabupaten Muna untuk dipakai rombongan presiden Joko Widodo.

loker wartawan sultrakini

“Tenun Masalili yang ada di Muna akan dipakai oleh Presiden Joko Widodo dalam perayaan HPN di Kendari. Kita belum tahu kalau akan dipakai presiden yang jelas panitia telah memesan 25 baju tenun Masalili untuk rombongan presiden,” kata Sekretaris Daerah Pemkab Muna, Eddy Uga, saat dikonfirmasi melalui sambungan telfonnya, Sabtu (5 Februari 2022).

Dia menyampaikan, bahwa Pemda Kabupaten Muna juga terlibat dalam menyukseskan HPN yang akan diselenggarakan di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Untuk Kabupaten Muna, kita kebagian untuk menjamu tamu dari Maroko. Untuk agenda apa yang dilangsungkan, mengikuti manual kegiatan yang ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi, kita hanya kesiapan menjamu,” ungkap jendral ASN itu.

Eddy Uga juga menyatakan, bahwa Muna menyiap standnya di Pameran HPN di Kota Kedari.

“Muna akan memamerkan hasil tenunannya, produk potensi lokal seperti jambu mente, hasil pertanian, termaksud barang jadi olahan lainnya,” ucap mantan Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang itu.

Baca:   Data Kemendagri: Sultra Daerah Terendah yang Menganggarkan Penanganan Covid-19

Dirinya menambahkan, paling utama yang akan ditonjolkan Pemda Muna pada dalam pameran di HPN nanti adalah tenunan, yakni tenun Masalili yang sudah dibuatkan menjadi baju dan tas.

Sementara itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Muna akan memanfaatkan momentum Hari Pers Nasional (HPN) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, sebagai ajang promosi obyek wisata dan hasil olahan ekonomi kreatif.

“Ada beberapa pariwisata Muna yang menjadi prioritas untuk dipamerkan di HPN. Prioritas itu ada Meleura, Napabale, Gua Liangkobori, Pantai Towea, Obyek Wisata Kalima-lima, Gunung Lambelu, Pantai Walengkabo, dan Gua Lambu Raya,” ucap Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Muna, Amirudin Ako.

Pria yang akrab dengan panggilan Amir itu menerangkan, agar promosi pariwisata dan ekonomi kreatif bisa sukses di acara besar HPN di Kota Kendari, pihak-pihak telah menyiapkan alat peraga yakni, video, poster, dan ada buklet. (C)

Laporan: LM Nur Alim
Editor: Hasrul Tamrin

loker marketing sultrakini
  • Bagikan