Terkait Honor Aparat Desa, Kery: Kita Selesaikan Secepatnya

  • Bagikan
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa. (Foto: Mas Jaya/SULTRAKINI.COM)
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa. (Foto: Mas Jaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Tanda tanya terkait pembayaran honor aparat desa di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara tampaknya menemukan titik terang. Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa memberi kepastian bahwa secepatnya akan dibayarkan.

Menurut Kery, pihaknya masih akan melakukan penghitungan tunggakan-tunggakan yang belum terbayarkan, termasuk di dalamnya honor aparat desa 2018. Pihak Pemda juga sedang mengupayakan menarik Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang belum terbayarkan.

“Kalau tidak ada pemasukan, ya kita mau bayar pakai apa juga. Kita akan lihat nanti keuangan kita ini. Karena untuk honor aparat desa, jumlahnya tidak main-main juga,” ujar Bupati Konawe dua periode itu.

Kery mengungkapkan, 15 Oktober mendatang pihaknya sudah akan closing pembukuan keuangan. Dari situ nanti akan ditahu rincian tunggakan yang akan dibayarkan.

“Intinya kita akan dahulukan gaji terlebih dulu, setelah itu tunggakan-tunggakan yang belum dibayarkan. Insya Allah kita selesaikan secepatnya,” terang Kery.

Di tempat terpisah, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Jahiuddin, menuturkan jumlah honor aparat desa se-Kabupaten Konawe jika dirapel 10 bulan terakhir berada diangka Rp48 miliar. Pihaknya masih terus mengupayakan untuk menutupi tunggakan tersebut.

“Kita upayakan untuk dibayarkan,” pungkasnya.

Baca:   Covid-19 di Sultra Meningkat, Tenda Darurat untuk Pasien akan Dipasang Jika Terus Bertambah

(Baca juga: Janji Terakhir Pj Bupati Kepada Bupati Konawe Usai Sertijab)

Laporan: Mas Jaya
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan