Terpilih Jadi Ketua Umum Lasqi Sultra, Lukman Abunawas Target Selesaikan Dualisme Kepengurusan

  • Bagikan
Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas menandatangani surat kepemimpinan Lasqi Sultra. (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas terpilih menjadi Ketua Umum Lembaga Seni dan Qasidah (Lasqi) Provinsi Sultra periode 2018-2023.

Lukman dipilih secara aklamasi melaui Rapat Pleno Dewan Pengurus Wilayah yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Kendari, Minggu (5/9/2022). Lukman menggantikan Masyura Ilah Ladamay yang memutuskan mengundurkan diri di tengah masa jabatannya sebagai ketua.

Masyhura Ilah Ladamay mengaku pengunduran dirinya itu sesuai AD/ART lembaga, yakni Pasal 55 tentang pergantian antarwaktu. Keputusan ini kata dia, untuk menghindari polemik yang terjadi di DPW Lasqi Provinsi Sultra sehingga tidak berimbas kepada Daerah.

Meski tidak lagi menyandang kedudukan ketua, dirinya tetap menjadi bagian dari pengurus organisasi itu.

“Boleh kita kecil tapi harus berjiwa besar. Artinya kita berorganisasi bukan sekadar organisasi tapi melihat imbasnya,” ujarnya, Minggu (5/9/2022).

Terpilihnya Wagub Sultra sebagai ketua Lasqi, kata Mashyura, dinilainya sesuai untuk menyelesaikan polemik yang terjadi di kepengurusan.

“Untuk mempersatukan semua tentu kita mengharapkan figur untuk menakhodai Lasqi,” tuturnya.

Ia pun berharap dengan kepemimpinan yang baru dapat menorehkan lebih banyak prestasi untuk Sultra.

Sementara itu, Lukman Abunawas mengatakan akan melaksanakan dengan sebaik-baiknya amanah yang diembannya itu sebagai ketua Lasqi.

Baca:   Kalapas Baubau dan Karutan Kolaka Dilantik Sebagai Anggota PAW MPDN

“Insya Allah ini akan saya jalankan dengan amanah,” ucapnya.

Langkah yang akan diambil selanjutnya adalah melakukan konsolidasi dengan pengurus sebelumnya dan menyelesaikan dualisme yang terjadi antara pengurus Lasqi.

Berikutnya, dirinya akan menyesuaikan dengan program-program DPW Lasqi baik jangka pendek maupun jangka menengah ataupun jangka panjang.

Ia juga berharap di masa kepemimpinannya sampai 2023 nanti dapat meningkatkan pencapaian yang telah dicapai oleh kepengurusan sebelumnya.

Untuk diketahui, di masa kepemimpinan Masyura Ilah Ladamay, Lasqi berhasil meraih berbagai prestasi di antaranya juara umum pada Festival Duta Kasidah XXIV tingkat nasional diselenggarakan di Kota Ambon, Provinsi Maluku pada 25-29 November 2019.

Tim Lasqi Sultra juga mengalahkan 30 Lasqi se-Indonesia di bawah tuan rumah Maluku sebagai juara umum dan Banten sebagai juara kedua serta Sumatra Barat di posisi ketiga.

Raihan prestasi Lasqi Sultra pada ajang festival tersebut dengan rincian, juara 1 Bivo Cilik Putra, juara 2 Kasidah Klasik Dewasa Putri, juara 3 Kasidah Klasik Remaja Putra, juara harapan 1 Kasidah Klasik Remaja Putri, dan juara harapan 2 Bivo Dewasa Putra. (B)

Laporan: Al Iksan
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan