Tiba di Kendari, Presiden Jokowi Ingin Pastikan Pemda Aktif Tangani Covid-19

  • Bagikan
Kedatangan Presiden Jokowi di Provinsi Sultra. (Foto: Dok.Sekretariat Presiden)

SULTRAKINI.COM: Presiden Joko Widodo bersama rombongan terbatas bertolak menuju Provinsi Sulawesi Tenggara dengan menggunakan pesawat Boeing 737-500 TNI AU dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Rabu, 30 Juni 2021 pukul 07.15 WIB. Rombongan tiba di Pangkalan TNI AU Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan pada pukul 10.45 Wita.

Presiden disambut oleh Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Kapolda Sulawesi Tenggara Irjen Pol. Yan Sultra Indrajaya, dan Danrem 143/Haluoleo Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan.

“Kunjungan kerja Bapak Presiden ke Kendari kali ini untuk memastikan pemerintah daerah, baik pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, dan pemerintah kota di Provinsi Sulawesi Tenggara aktif dalam penanganan Covid-19,” ucap Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono dalam rilis diterima Sultrakini.com.

Kedatangan Presiden Jokowi di Provinsi Sultra. (Foto: Dok.Sekretariat Presiden)

Presiden akan meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara, Kota Kendari. Presiden Jokowi ingin mendorong vaksinasi massal terus digalakkan dengan mengejar target 1 sampai 2 juta vaksin per hari.

Setelah itu, Presiden diagendakan untuk memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Sulawesi Tenggara di Kantor Gubernur Sultra.

“Di sini, Presiden memberikan pengarahan kepada gubernur, bupati, dan wali kota se-Provinsi Sulawesi Tenggara dalam penanganan Covid-19,” terangnya.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden akan mengingatkan kepala daerah untuk mengoptimalkan posko-posko PPKM Mikro yang ada di wilayah desa dan kelurahan dalam mengatasi penyebaran Covid-19.

Baca:   Jaga Kerukunan Umat Beragama dan Etnis FKUB Adakan Dialog, Berikut Pesan Wali Kota 

“Bapak Presiden mengingatkan bahwa fungsi posko adalah untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat, agar disiplin menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” ujar Heru.

Selain itu, fungsi posko tersebut untuk menguatkan pelaksanaan 3T (testing, tracing, treatment) hingga ke tingkat desa atau kelurahan.

Sebelum kembali ke Jakarta, Kepala Negara akan menghadiri Pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) VIII Kamar Dagang dan Industri Indonesia 2021.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Sultra, yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, dan Deputi Bidang Protokol, pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Editor: Sarini Ido

  • Bagikan