Tiba di Palu, Basarnas Kendari Langsung Bantu Pencarian Korban

  • Bagikan
Operasi pencarian korban di Kota Palu, Sulawesi Tengah oleh Tim Basarnas Kendari, Minggu (30/9/2018). (Foto: Basarnas Kendari)
Operasi pencarian korban di Kota Palu, Sulawesi Tengah oleh Tim Basarnas Kendari, Minggu (30/9/2018). (Foto: Basarnas Kendari)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Tim Rescue Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari tiba di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018) pukul 08.10 Wita. Para rescuer atau penyelamat langsung melakukan pencarian korban gempa dan tsunami di wilayah setempat.

“Pagi tadi tim kami tiba dan langsung bergabung dengan Tim Basarnas yang sudah terlebih dulu tiba di lokasi untuk melakukan pencarian dan evakuasi korban gempa. Sementara itu, tim 2 dengan menggunakan KN Pacitan dan tim 3 yang melewati jalur darat saat ini sudah berada di Parigi,” jelas Kepala Basarnas Kendari, Djunaidi melalui Humasnya Wahyudi.

Direncanakan, operasi pencarian korban Minggu ini dibagi ke dalam enam tim yang tersebar di lokasi pencarian Hotel Roa-roa, Ramayana, Restaurant Dunia Baru, Pantai Talise, dan Perumahan Balaroa. Satu tim juga disiagakan di Posko Basarnas.

“Rencana operasi hari ini (30/9) tim dibagi menjadi enam,” terang Wahyudi.

Sebelumnya, 20 personel rescue SAR Kendari diberangkatkan dengan menggunakan KN SAR Pacitan pada misi evakuasi korban gempa dan tsunami di Kota Palu, Sulawesi Tengah pada Sabtu (29/9/2018) sekitar pukul 01.55 Wita.

Tim akan membantu proses pencarian korban sampai waktu yang belum ditentukan.

Kota Palu sebelumnya telah diguncang gempa bermagnitudo 7,4 hingga mengakibatkan tsunami. Tak hanya Palu, Donggala, Mamuju serta wilayah lainnya ikut terdampak bencana tersebut.

Baca:   BPBD Buton Kirim 40 Ton Bantuan ke Palu dan Donggala

(Baca: Korban Tewas Gempa dan Tsunami Palu Sudah 420 Jiwa)

Laporan: Ifal Chandra
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan