Tidak Butuh Produk, 6 Cara Ini bisa Mengatasi Wajah Kusam

  • Bagikan
Ilustrasi. (Foto: Dok.Sultrakini.com)

SULTRAKINI.COM: Wajah kusam adalah salah satu faktor menurunkan percaya diri. Kusam menandakan banyak sel kulit mati dan debu menumpuk di wajah. Itulah mengapa banyak orang ingin memiliki kulit wajah yang cerah. Berikut cara sederhana mencerahkan wajah.

Wajah kusam dapat disebabkan beberapa faktor, seperti paparan sinar UV secara langsung, paparan debu dan polusi, begadang, hingga kondisi stres. Namun tenang saja, cara sederhana berikut ini bisa membantu Anda mengatasi wajah kusam loh.

Konsumsi air putih
Mengkonsumsi air putih atau air mineral setiap hari bukan hanya mencegah dehidrasi dan melarukan racun di organ tubuh, tetapi bisa menjaga kelembapan dan kehalusan kulit wajah.

Mencuci muka secara rutin
Mencuci muka salah satu tips mencerahkan wajah. Setelah beraktivitas di luar ruangan, paparan debu dan polusi akan menempel di wajah Anda. Dengan mencuci muka dapat membersihkan dan mengangkat bedo dan sel-sel mati di wajah. Mencuci muka cukup 2-3 kali perhari karena jika terlalu sering dapat mengurangi kadar minyak di kulit wajah.

Rajin olahraga
Berolahraga bukan hanya menyehatkan tubuh, tetapi membantu mengeluarkan kotoran yang menempel di pori-pori yang terdorong ke luar bersama dengan keringat.

Makan makanan sehat
Menjaga kesehatan kulit wajah bukan hanya dari luar, melainkan dari dalam tubuh. Asupan yang dibutuhkan adalah makanan sehat terutama mengandung vitamin A, C, dan E.

Baca:   Standar Kecantikan Wanita Zaman Dulu yang Bikin Geleng-geleng Kepala

Tidur cukup
Menurut Dr. Melanie Palm, dokter kulit bersertifikat dan Direktur Art of Skin MD, tidur adalah waktu pemulihan tubuh di mana sel-sel kulit wajah memperbaiki diri dan beregenerasi. Kurang tidur atau tidur dengan waktu tidak teratur membuat sel-sel kulit wajah tidak dapat bekerja secara optimal. Usahakan waktu tidur Anda sekitar 7-8 jam di waktu malam.

Kelola stres
Stres adalah salah satu faktor wajah tampak kusam. Hal ini karena stres menyebabkan peningkatan kortisol yang memengaruhi aliran darah ke kulit dan perbaikan kulit wajah. Jadi manajemen pikiran sangat penting dalam upaya mencerahkan kulit Anda. (C)

Laporan: Elsa Claudia
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan