Tidak Mengurangi Semarak HUT RI, Pemda Buton Gelar Lomba Kebersihan Lingkungan

  • Bagikan
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buton, Ibu Delia Montolalu La Bakry mendampingi tim penilai lomba kebersihan dan keindahan desa/kelurahan. (Foto: Dinas Komunikasi&Persandian Buton)

SULTRAKINI.COM: BUTON – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buton, Delia Montolalu La Bakry, mengatakan perlombaan ditiadakan dalam perayaan HUT RI ke-67, sebab masih pandemi Covid-19.

Perlombaan yang mengundang kerumunan ditiadakan jelang HUT RI di Kabupaten Buton. Namun, TP PKK mempunyai cara lain untuk tidak mengurangi semarak hari kemerdekaan, yaitu menggelar lomba kebersihan dan keindahan desa/kelurahan 2021. Sebanyak 22 desa/kelurahan pun ikut memeriahkannya.

Delia menjelaskan, lomba kebersihan tidak hanya dibuat untuk menyambut HUT RI, melainkan salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19, sebab kebersihan lingkungan turut mempengaruhi kesehatan tubuh masyarakat.

Salah satu antusias ditunjukkan warga adalah dengan memperindah lingkungannya dengan umbul-umbul bernuansa kemerdekaan.

“Sepatutnya kebersihan dan keindahan di wilayah maupun di rumah masing-masing terus terjaga. Apalagi kebersihan merupakan aspek penting dan sangat mempengaruhi imun tubuh di masa pandemi Covid-19 sekarang ini,” terangnya dalam rilis Diskominfo Buton, Senin (16/8/2021).

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

TP PKK juga berharap masyarakat terus semangat dan tetap mematuhi protokol kesehatan meski pandemi masih melanda daerah. Termasuk pada anggota PKK untuk tetap menggerakkan kegiatan PKK di wilayahnya.

Lomba kebersihan juga diadakan di kecamatan lainnya oleh Pemerintah Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Buton.

Baca:   Wakatobi akan Pilkades 2021, Berikut Jadwalnya

Adapun beberapa kriteria penilaian lomba kebersihan dan keindahan desa/kelurahan, seperti kebersihan lingkungan, umbul-umbul, drainase/selokan, pemanfaatan halaman/tanaman toga dan bunga, serta gapura.

Nantinya pemenang dan penyerahan hadiah akan diumumkan usai upacara mengenang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan dan pengibaran bendera merah putih di halaman Eks Kantor Bupati Buton, 17 Agustus 2021. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan