Tiga Kecamatan di Muna akan Divaksin Binda Sultra

  • Bagikan
Bupati Muna, Rusman Emba, menerima suntikan vaksin Covid-19 dari petugas kesehatan setempat. Foto: IST

Tiga Kecamatan di Muna akan Divaksin Binda Sultra

Capaian program vaksin di Kabupaten Muna masih rendah bila disbanding capaian nasional. Untuk mengejar itu, pemerintah daerah akan segera membahasnya dalam rapat koordinasi, sementara Badan Intelijen Daerah bertindak menggelar vaksinasi massal di tiga kecamatan, di daerah itu.

SULTRAKINI.COM: Badan Intelijen Daerah (Binda) Sulawesi Tenggara ikut mendorong program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, mengingat daerah bekas penghasil jati itu hingga kini baru mencapai 25 persen dari target nasional 70 persen masyarakat mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muna, La Ode Rimba Sua menjelaskan Binda Sultra akan menggelar vaksinasi massal di tiga kecamatan yaitu, Kecamatan Parigi, Tongkuno dan Tongkuno Selatan, mulai Senin (15 November 2021).

Dinas Kesehatan Kabupaten Muna telah melakukan persiapan dengan berkoordinasi dengan pihak pusat kesehatan masyarakat (Puskemas) di tiga kecamatan tersebut.

Ada pun sasaran pelaksanaan vaksinasi massal ini adalah masyarakat umum, terutama lansia dan pelajar.

Sejauh ini pihak Puskesmas telah siap baik dari sisi persiapan tempat, penyediaan cairan vaksin mau pun tenaga medis yang akan bertugas sehingga masyarakat yang belum medapatkan suntikan vaksin diharapkan bisa mendatangi puskesmas di daerah masing-masing.

Baca:   Kunker di Kejari Raha, Kajati Sultra Disambut Rusman Emba

Menurut Rimba, sejauh ini masyarakat merasa vaksin bukanlah suatu kebutuhan sehingga partisipasinya rendah. Oleh karena itu pihaknya terus memberikan penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya program vaksin Covid-19.

 “Masyarakat sendiri belum merasakan program vaksin ini menjadi kebutuhan,” tandas Rimba kepada media.

Pemda Muna pun melakukan upaya dalam rangka mengejar ketertinggal persentase daerah bekas penghasil jati tersebut, seperti akan akan menggelar rapat koordinasi pada hari Selasa (16 November 2021) guna membahas langkah-langkah terkait vaksinasi massal.

Wakil Bupati Muna, Bachrun Labuta membenarkan rapat koordinasi antar instasi untuk membahas capaian vaksin Covid-19 di daerahnya.

“Untuk mengejar target vaksin maka kami akan ajak semua terlibat. Di instansi pemerintah kami akan monitor dan dalam waktu dekat kita akan rapat koordinasi dengan seluruh jajaran pemerintah,” kata Bachrun.

Laporan: M Djufri Rachim

  • Bagikan