Tiga Kepala Daerah Resmi Dilantik, Gubernur Sultra: Titip Pesan

  • Bagikan
Pelantikan tiga kepala daerah hasil Pilkada 2020. (Foto: potongan video pelantikan dari channel Kominfo Sultra)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Tiga kepala daerah hasil pemilihan serentak 9 Desember 2020 di Provinsi Sulawesi Tenggara dilantik Gubernur Ali Mazi di Gedung Merah Putih Rumayh Jabatan Gubernur, Jumat (26/2/2021). Proses pelantikan berdasarkan surat keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.74-379 tanggal 24 Februari Tahun 2021 tentang perubahan atas keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.74-265 Tahun 2021 tentang pengangkatan dan pengesahan pasangan bupati dahn wakil bupati hasil Pilkada 2020 di Sultra, selama lima tahun ke depan.

Amrullah-Andi Muhammad Lutfi dari Kabupaten Konawe Kepulauan; Samsul Bahri Majid-Andi Merya Nur dari Kabupaten Kolaka Timur; dan Muh. Ridwan Zakariah-Ahali dari Kabupaten Buton Utara diambil sumpah dan janji jabatannya pada Jumat pagi. Diawali dari pasangan kepala daerah Koltim, Buton Utara, dan terakhir Konkep di dampingi oleh rohaniawan.

Sesuai sumpah dan janji jabatan sesuai keyakinan masing-masing dipandu oleh gubernur, ketiganya bersedia dan akan memenuhi segala kewajiban serta tanggung jawab selama menjadi pasangan bupati dan wakil bupati mengabdi untuk kesejahteraan masyarakat dan negara dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya.

Berhubung pelantikan digelar di tengah pandemi Covid-19, protokol kesehatan sangat diperketat, salah satunya nampak dari jumlah undangan yang dibatasi, termasuk pembatasan undangan untuk Forkopimda dan OPD lingkup Pemprov Sultra. Sementara mengatasi tamu di luar gedung disediakan videotron, bahkan disiarkan langsung di channel Youtube Diskominfo Sultra.

Baca:   Vania Nathania Elisa Harumkan Daerah Diajang Wajah Pesona Indonesia Internasional 2020

Gubernur Ali Mazi mengatakan, pelantikan tiga kepala daerah tersebut merupakan hasil Pilkada 2020 dari total tujuh daerah pelaksana.

“Kita patut berikan apresiasi setinggi-tingginya atas pelaksanaan pilkada yang lancar dan aman oleh KPU dan Bawaslu, juga apresiasi kepada pihak keamanan TNI-Polri dalam mengawal suksesnya pelaksanaan pilkada,” ucapnya.

Gubenur juga berpesan setelah adanya pelantikan hari ini tidak adalagi cerita dukung-mendukung, tetapi semua elemen masyarakat harus mendukung bupati dan wakil bupati yang dilantik agar proses pembangunan terlaksana dengan baik.

“Sudah saatnya sekarang kita melangkah bersama membangun daerah memenuhi janji-janji kampanye lalu untuk mencapai kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Ali Mazi juga meminta agar setiap kepala daerah bisa bahu-membahu antarbupati dan wakil bekerja secara profesional dan akuntabel membangun daerahnya masing-masing sesuai RPJMD bersama semua birokrasi untuk kesejahteraan masyarakat.

Pada Pilkada 2020, Amrullah-Andi Muhammad Lutfi memperoleh 12.769 suara, dari total 24.845 suara sah; Samsul Bahri Majid-Andi Merya Nur memperoleh 38.409 suara atau 52,06 persen dari total 73.039 suara sah; serta Muh. Ridwan Zakariah-Ahali memperoleh 15.890 suara.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan