Tiga Makam Raja Diusul jadi Cagar Budaya Nasional

  • Bagikan
Makam Lakidende yang terletak di Unaaha adalah sah satu situs yang kini diusul jadi cagar budaya nasional. (Foto : Mas Jaya / SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Kepedulian pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe terhadap kelestarian kekayaan budaya lokal nampaknya patut dia cungi jempol. Tak hanya sebagai simbol sejarah, melestarikan keberadaan situs kebudayaan juga merupakan bentuk penghargaan kepada atas identitas diri masyarakat.

 

loker wartawan sultrakini

Mewujudkan rencana melestarikan situs kebudayaan di Konawe. Kali ini, tiga makam Raja berencana akan diusulkan untuk menjadi cagar budaya nasional.

 

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporakebpar) Konawe, Ujung Lasandara membeberkan rencana program tersebut. Kata Dia, tiga makam itu yakni makam Raja Lakidende, makam Permaisuri Raja Lakidende dan makam Raja Saranani.

 

Menurut Ujung, ketiga situs tersebut selama ini sudah cukup dikenal di khalayak. Terutama makam Raja Lakidende terletak di pusat kota pemerintahan, yang juga tak jarang dijadikan objek wisata sejarah oleh masyarakat.

 

”Situs ini kita akan jadikan cagar budaya nasional, agar ada aturan kuat yang melindunginya. Selain itu, situs ini juga akan menjadi warisan Konawe untuk Indonesia,” jelasnya.

 

Ujung juga mengungkapkan, data administrasi ketiga situs tersebut sudah siap. Pihaknya tinggal menyerahkan dokumen ke pusat pada bidang berwenang. Dukungan daerah pun katanya, cukup baik. Sehingga akan mempercepat terwujudnya status cagar budaya pada ketiga makam tersebut.

Baca:   Komunikasi dengan Rasak Buntu, PBB Alihkan Dukung ke ADP-SUL

 

Editor : Taufik Qurahman  

loker marketing sultrakini
  • Bagikan