Tiga Pelabuhan dan Satu Kapal di Wakatobi Diresmikan Presiden Jokowi

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo saat meresmikam tiga pelabuhan dan satu kapal di Wakatobi. (Foto: Ist)
Presiden Joko Widodo saat meresmikam tiga pelabuhan dan satu kapal di Wakatobi. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tiga pelabuhan penyeberangan dan satu unit kapal Ferry untuk memperlancar konektivitas antarpulau di Wakatobi, Kamis (09 Juni 2022).

Peresmian tiga pelabuhan ini dipusatkan di Dermaga Rakyat Wanci, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Ketiga pelabuhan penyeberangan tersebut adalah Pelabuhan Kaledupa, Pelabuhan Tomia, dan Pelabuhan Binongko. Sementara satu unit kapal penyeberangan yaitu Kapal Motor Penumpang (KMP) Sultan Murhum II. 

Kapal tersebut akan dioperasikan untuk melayani angkutan penyeberangan perintis rute Kamaru – Kaledupa, Kaledupa – Tomia, dan Tomia – Binongko dengan trip empat kali seminggu.

“Kita harapkan dengan beroperasinya pelabuhan dan kapal ini, aktivitas dan mobilitas masyarakat semakin mudah. Utamanya untuk angkutan barang yang berkaitan dengan sembako dan konektivitas antarpulau di Wakatobi diharapkan semakin baik,” ujar Presiden Jokowi.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyampaikan, pembangunan pelabuhan penyeberangan dan kapal di Wakatobi ini merupakan salah satu wujud negara hadir melalui pembangunan transportasi yang berparadigma Indonesia-Sentris (pembangunan tidak hanya terpusat di pulau Jawa).

“Kita bangun infrastruktur transportasi di pulau kecil dan terluar agar konektivitas bisa berjalan dengan baik,” ujar Budi.

Menhub berharap, keberadaan pelabuhan dan kapal ini akan mendukung Wakatobi sebagai salah satu kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) dan dapat menumbuhkan titik-titik ekonomi baru di Wakatobi dan sekitarnya.

Baca:   Bonceng Ibu Negara, Presiden Jokowi Kendarai Motor Listrik Pergi ke Mola Raya Wakatobi

“Kehadiran pelabuhan dan kapal ini sangat dinantikan masyarakat Wakatobi dan sekitarnya. Kami pastikan apa yang dibangun ini dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat di Wakatobi. Selain itu, juga dapat dimanfaatkan para turis domestik dan mancanegara untuk menikmati keindahan alam yang ada di Wakatobi,” kata Budi.

Dengan diresmikannya satu unit kapal, saat ini di Pulau Wakatobi dilayani oleh dua kapal yaitu KMP Bahtera Mas II dan KMP Sultan Murhum II. Kedua kapal ini akan melayani lintas penyeberangan di Kabupaten Wakatobi dengan rute Kamaru – Wanci – Kaledupa – Tomia – Binongko PP.  (B)

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan