Tim Gugus Tugas Baubau Bersama APIK Kerja Sama Putus Penularan Covid-19

  • Bagikan
Roni Muhtar menerima kedatangan tenaga profesi kesehatan di Sekber gugus tugas Covid-19 Kota Baubau, Rabu (6/5/2020). (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Puluhan tenaga profesi kesehatan tergabung dalam Aliansi Organisasi Profesi Kesehatan (APIK) menyambangi Sekber gugus tugas Covid-19 Kota Baubau pada Rabu, 6 Mei 2020.

APIK yang terdiri dari IDI, PDGI, PPNI, IBI, PERSAKMI, PERSAGI, IFI, IAI, PAFI, PARI, IAKMI, PATELKI, HAKLI diterima sekretaris gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, Roni Muhtar. Dalam pertemuan tersebut, para tenaga profesi kesehatan memberikan masukan pada kinerja gugus tugas dalam memutus penularan Covid-19, sehingga diharapkan persebaran bisa diatasi dalam waktu yang tidak berlarut-larut.

Dalam dialog bersama gugus tugas Covid-19 membentuk organisasi APIK dan menghasikan lima poin kesepakatan.

Pertama, tenaga profesi kesehatan bersama anggota menjunjung tinggi dedikasi dan profesi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Kedua, tenaga profesi kesehatan Kota Baubau berkomitmen bersatu padu bersama masyarakat dan Pemerintah Kota Baubau dalam percepatan pencegahan dan penanganan Covid-19.

Ketiga, tenaga medis profesi bersedia menginformasikan segala sesuatu terkait kebutuhan percepatan penanganan dan pencegahan Covid-19 dan atau kebutuhan lainnya dalam bidang kesehatan secara umum.

Keempat, secara profesi sangat mendukung dan berinisiatif untuk bersama masyarakat dan Pemeritah Kota Baubau dalam hal pencegahan dan penanggulangan kesehatan secara umum di Kota Baubau.

Kelima, Pemerintah Kota Baubau menfasilitasi ruangan sarana dan prasarana sebagai media untuk membangun komunikasi secara berjenjang guna menjawab persoalan dan tantangan dalam aspek kesehatan.

Baca:   Pemkot Baubau Realokasi Anggaran untuk Penanganan Covid-19

Roni Muhtar memberikan apresiasi kepada tenaga profesi kesehatan yang ada di Kota Baubau yang akan membantu tugas-tugas gugus tugas Covid-19, dalam upaya pencegahan penanganan penyebaran virus.

Menurutnya memang saatnya semua pihak harus berperan aktif memutus penularan Covid-19 di Kota Baubau.

“Saya berharap kepada tenaga profesi kesehatan di dalam mendarmabaktikan tenaga pikiran dan mungkin juga jiwa terhadap perannya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini menjadi sesuatu yang negeri ini butuhkan,” kata Roni, Rabu(6/5/2020).

D itempat yang sama, Ketua IDI Kota Baubau Dr. Lukman, Sp.PD mengatakan ketentuan organisasi profesi ini akan bergerak mempromosikan strategi-strategi yang dapat dibangun oleh satgas dalam penanganan Covid-19 di Kota Baubau.

“Termasuk bila ada persoalan di lapangan, salah satunya bidan yang akan membantu pasien melahirkan akan dibantu dan dibimbing di masa pandemi Covid-19,” ucapnya.

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan