Tim Pabbitara Bhabinkamtibmas Siap Angkat Kearifan Lokal

  • Bagikan
Tim Pabbitara Bhabinkamtibmas Polres Kendari siap mengangkat kearifan lokal dan menekan permasalahan sosial masyarakat. (Foto: Kasat Binmas Polres Kendari AKP Nurdin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Binmas Kepolisian Resor Kendari kini memiliki nama baru bagi Tim Bhabinkamtibmas mereka yang bertugas di lapangan. Nama yang cukup populer di kalangan masyarakat Sulawesi Tenggara khususnya Kota Kendari. Pabbitara, itulah nama yang disematkan bagi petugas bhabinkamtibmas sebagai garda depan dalam pendekatan kepada masyarakat terkait keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Pabbitara menyampaikan pesan kebenaran, tradisi lisan dan diadopsi mengangkat kearifan lokal,” kata Kasat Binmas Polres Kendari, AKP Nurdin, Rabu (26/7/2017).

Tugas utama tim pabbitara adalah mengkonter berita hoax dan menangani permasalahan sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Jumlah mereka sebanyak 80 personil yang ditempatkan di wilayah kerja masing-masing.

Salah satu masalah sosial yang didapat dari aduan masyarakat selama ini yaitu banjir. Namun tantangan para personil kedepan adalah pendekatan kepada masyarakat. Bhabinkamtibmas ditekankan lebih dikenal dan memperbanyak jaringan pertemanan baru.

“Bila sehari dapat kenalan baru empat orang saja terus dikali 80 orang bhabinkamtibmas, Kota Kendari sudah dalam genggaman,” tambah AKP Nurdin.

Salah satu wujud nyata dilakukan oleh Bhabinkamtibmas salah satunya mencarikan pekerjaan bagi warga di sekitar Gunung Jati, Kemaraya, Kota Kendari. Tantangan yang dihadapi yakni masih banyaknya warga yang mengkonsumsi minuman keras tradisional.

Baca:   Mahasiswa 23 Tahun Pascasarjana Unhas Selesaikan Studi hanya 14 Bulan dengan Predikat Cumlaude

“Karena nganggur makanya kerjaannya hanya miras saja, kami berupaya carikan pekerjaan salah satunya menjadi buruh pelabuhan,” terang AKP Nurdin.

Laporan: Rian Adriansyah

  • Bagikan