Tim Wasev TMMD ke-111 Pantau Progres, Ini Komentarnya

  • Bagikan
Tim Wasev TMMD ke-111 bersama rombongan mengunjungi embung di Desa Pekorea, Kecamatan Aere, Koltim. (Foto: Ist)
Tim Wasev TMMD ke-111 bersama rombongan mengunjungi embung di Desa Pekorea, Kecamatan Aere, Koltim. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA TIMUR – Tim pengawas dan evaluasi (Wasev) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 mengapresiasi progres manunggal TNI di Kecamatan Aere, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, Selasa (29/6/2021). Hal ini disampaikannya usai memantau program fisik TMMD di wilayah tersebut.

Ketua Tim Wasev TMMD ke-111, Brigjen TNI Jama’ah, mengatakan program fisik TMMD di Koltim bisa sangat membantu kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan infrastruktur daerah. Hal yang sangat membantu utamanya dalam pantauannya di minggu ketiga program TMMD Kodim 1412 tersebut adalah pembangunan embung yang ditingkatkan kualitasnya menjadi bendungan mini. Bahkan, embung ini bisa membantu terciptanya persawahan baru.

“Manfaat dari program TMMD ini sangat banyak untuk masyarakat di sini, salah satunya dibangunkan irigasi ini (embung) yang dari informasi mampu mengairi sawah 200 hektare yang tadinya tadah hujan,” ucapnya usai meninjau embung, Selasa (29/6/2021).

Tidak hanya program fisik mendatangkan manfaat, kata Brigjen TNI Jama’ah, program nonfisik juga sama manfaatnya bagi manyarakat. Di samping infrastruktur ditingkatkan, diperlukan juga perubahan perilaku yang baik dari masyarakat melalui sepuluh program nonfisik dalam TMMD.

ibu alimazi

“Ini yang penting di TMMD ada program nonfisiknya untuk merubah perilaku masyarakat pada perubahan yang baik. Perlu ditingkatkan lagi ke depan,” jelasnya.

Baca:   Warga Aere Beryukur UU Perkawinan Masuk Program TMMD, KUA: Ini Bisa Cegah Pernikahan Dini

TMMD di Kabupaten Koltim memprogramkan tiga sasaran fisik, yaitu renovasi masjid di Desa Aere, pembangunan gereja di Desa Rubia, dan pembangunan embung di Desa Pekorea.

Kedatangan tim Wasev TMMD ke-111 di Kecamatan Aere juga disambut jajaran TNI-Polri, jajaran Pemda Koltim, DPRD koltim, dan masyarakat setempat.

Laporan: Sarini Ido
Editor: Hasrul Tamri
n

  • Bagikan