Tingkatkan Layanan Kesehatan Pemda Busel Bangun Puskesmas di Bukit Kangka Siompu

  • Bagikan
Peletakan batu pertama pembangunan Puskesmas Bukit Kangka, Siompu (Foto: Ist) 
Peletakan batu pertama pembangunan Puskesmas Bukit Kangka, Siompu (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: BUTON SELATAN – Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan daerah kepulauan di wilayah Kabupaten Buton Selatan, Pemerintah daerah membangun Puskesmas di Bukit Kangka Desa Karae, Kecamatan Siompu.

Pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Buton Selatan, La Ode Arusani didampingi Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Buton Selatan, Wa Ode Ruhaniah, Jumat (2 Juli 2021).

Arusani berharap dengan dibangunnya Puskesmas Bukit Kangka di Desa Karae ini dapat meningkatkan Pelayanan Kesehatan kepada Masyarakat menghadapi masa pandemi covid-19 saat ini. Dimana daerah kepualaun akan merasa kesulitan mengakses layanan kesehatan karena jaraknya jauh.

Arusani mengimbau masyarakat agar segera melaporkan diri kepada Kepala Desa masing-masing jika belum memiliki kartu pelayanan kesehatan gratis.

“Karena Pemerintah Daerah berkomitmen menyiapkan dana guna memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi seluruh masyarakat Buton Selatan,” kata Arusani, Jumat (1/7/2021).

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan La Ode Budiman, SKM., M. Kes, mengatakan pembangunan Puskesmas Bukit Kangka dialokasikan melalui APBD Tahun 2021 dengan total anggaran Rp2,5 Miliar dengan fasilitas pendukung dan tenaga kesehatan yang sudah siap.

“Jadi diharapkan tahun 2022 sudah beroperasi melayani masyarakat,” ucapnya.

Pembangunan Puskesmas Bukit Kangka ini kata Budiman, dalam rangka memperluas dan mempermudah jangkauan pelayanan kesehatan kepada masyarakat 4 desa di Kecamatan Siompu yaitu Desa Tongali, Lapara, Karae dan Desa Lontoi.

Baca:   Dinkes Kendari Pastikan Posko Kesehatan Mudik 2018 Diisi 2 Tenaga Medis

“Selama ini kamu jaraknya ke Puskesmas Siompu di Desa Biwinapada bagi warga cukup Jauh,” pungkasnya. (B)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan