Tips Mudik 2022 Biar Nyaman, Aman, dan Lancar

  • Bagikan
Ilustrasi. (Foto: Dok. Pribadi)

SULTRAKINI.COM: Akhirnya tiba juga libur bersama dan cuti Idul Fitri 2022. Siapa nih yang memilih mudik lebaran? Jangan lupa persiapkan segala kebutuhan, agar selama dalam perjalanan dan berada di lokasi selalu dalam kenyamanan, aman, lancar. Dan perlu juga membaca tips mudik lebaran 2022.

Ada banyak cara bisa dilakukan agar mudik terasa nyaman, aman dan lancar. Sebab, tidak hanya menyiapkan barang dalam tas besar lalu berangkat begitu saja. Sebisanya perlu persiapan matang demi mencegah timbulnya risiko yang tidak diinginkan.

Berikut tips mudik 2022 dari Sultrakini.com untuk anda:

  1. Pastikan rumah anda sudah aman untuk ditinggalkan selama mudik. Perlu untuk mengecek kembali saluran gas maupun aliran listrik dan colokkan kabel telah dicabut. Pagar rumah juga perlu untuk digembok. Lalu sampaikan kepada tetangga ataupun pengurus RT untuk membantu menjaga lingkungan rumah anda jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu.
  2. Sudah vaksin? Sebagai pemudik harus taat kebijakan pemerintah tentang syarat melakukan perjalanan menghadapi Idul Fitri 2022. Hal ini demi kenyamanan dan keamanan selama dalam perjalanan. Serta keluarga tercinta juga ikut terhindar dari penularan virus yang berpotensi didapatkan selama dalam perjalanan.
  3. Bawalah barang secukupnya selama mudik agar anda tidak kerepotan di perjalanan.
  4. Pakai pakaian yang nyaman dalam perjalanan mudik. Bagian ini sangat penting mengingat cuaca tidak menentu. Sangat perlu juga memakai sepatu dan jaket sehingga anda semakin siap selama mudik.
  5. Mengingat pandemi masih mewabah, penting untuk memakai masker, membawa cairan antiseptik, serta obat-obatan yang diperlukan untuk menemani perjalanan anda.
  6. Bawalah cemilan selama perjalanan mudik. Sedikit makanan dan minuman bisa membantu anda ketika menghadapi penundaan perjalanan, lamanya menunggu keberangkatan, bahkan tidak perlu repot lagi mencari makanan yang dapat membuat anda kesulitan nantinya.
  7. Jika mudik menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kondisi motor atau mobil dalam keadaan baik. Jika perlu bawalah ke bengkel terpercaya untuk mengecek kondisi kendaraan mengingat perjalanan jauh akan anda lalui.
  8. Jadwalkan perjalanan dengan baik. Langkah ini termasuk penting sehingga mudik lebih aman dan lancar. Perlu juga mengecek titik-titik pemberhentian istirahat dan mengisi tenaga. Pilih rest area yang bersih agar dapat beristirahat dengan nyaman. Serta mengetahui rute alternatif jika sewaktu-waktu anda menghadapi kemacetan selama mudik. (C)
Baca:   Cara Tampil Stylish dengan 5 Jenis Blazer

Laporan: Feni Sul Fianah
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan