TMMD di Koltim Tidak Hanya di Infrastruktur, Warga Aere Ikut Diberikan Pemahaman Bela Negara

  • Bagikan
Penyuluhan bela negara di Kecamatan Aere, Kabupaten Koltim. (Foto: Dok.Kodim 1412 Kolaka)

SULTRAKINI.COM: Bela negara menjadi poin tersendiri dimasukkan dalam program Tentara Manunggal Membangun Desa Kodim 1412 Kolaka. Lewat penyuluhan, warga Kecamatan Aere, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara sebagai sasaran TMMD diberikan pemahaman untuk meningkatkan jiwa nasionalismenya.

Inti dari nilai kebangsaan dalam materi Danramil 1412-01/Kolaka, Kapten Inf Mappatoba, berupa pancasila dengan nilai-nilai terkandung di dalamnya religius, persaudaraan, keselarasan, kerakyatan, dan keadilan. Sementara esensi dari UUD 1945, berupa demokrasi, kesamaan derajat, ketaatan hukum.

Sedangkan esensi dari NKRI dan Bhinneka tunggal ika masing-masing seperti kesatuan wilayah, persatuan bangsa, kemandirian, toleransi keadilan dan gotong royong.

“Saling curiga, meragukan pancasila, meruntuhkan percaya diri atau nasionalisme dan delegitimasi pemerintah,” ujar Danramil, Rabu (23/6/2021).

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

Sejauh ini, gotong royong menjadi hal yang sangat menonjol dalam pelaksanaan program TMMD baik fisik maupun nonfisik, selain esensi nasionalisme lainnya.

Gotong royong nampak terbangun antara personel TMMD dengan masyarakat setempat. Bahkan, masyarakat secara bergantian secara berkelompok ikut menunjang kinerja personel TMMD untuk menuntaskan program fisik di desa mereka.

Program TMMD khususnya sasaran fisik di Kecamatan Aere tersebar di tiga desa, yaitu Aere, Rubia, dan Pekorea.

Laporan: Sarini Ido
Editor: Hasrul Tamrin

Baca:   Pemda Busel Berkomitmen Dukung Pelestarian Budaya Setiap Baruga
  • Bagikan