TMMD Koltim Satukan Toleransi Beragama, Warga Muslim Ikut Gotong Royong Bangun Gereja

  • Bagikan
Dandim 1412 Kolaka, Letkol Inf Risa WP.Setyawan memantau progres renovasi Gereja Weare di Desa Rubia. (Foto: Sarini Ido/SULTRAKINI.COM)
Dandim 1412 Kolaka, Letkol Inf Risa WP.Setyawan memantau progres renovasi Gereja Weare di Desa Rubia. (Foto: Sarini Ido/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: Renovasi Gereja Weare di Desa Rubia, Kecamatan Aere, Kabupaten Kolaka Timur rupanya menilik kisah toleransi beragama. Gereja ini adalah salah satu item pokok program fisik Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1412 Kolaka di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara.

Toleransi yang terlihat adalah dalam renovasi gereja yang mengandalkan gotong royong tanpa melihat perbedaan agama di tengah masyarakat. Misalnya H. Ambo Tang. Meski beragama Islam dirinya ikut membantu pembangunan gereja.

“Bersatulah bekerja demi TMMD. Namanya kita bersatu demi satu desa kita saling memaklumi demi TMMD,” ucapnya, Rabu (16/6/2021).

Diterangkan Ketua Majelis Gereja Weare, Adonian Latunduno, dirinya merasa bersyukur program TMMD masuk di desa mereka. Sebab, gereja yang selama ini digunakan semi permanen sejak didirikan pada 2021.

“Jika tidak ada TMMD ini saya pesimis bisa terbangun permanen. Kami bersyukur masyarakat Desa Rumbia ini memaklumi ini kegiatan masyarakat, bisa dilihat ini mayoritas muslim terlibat (bergotong royong membantu renovasi gereja),” ujarnya.

Program TMMD ke-111 Kodim 1412 Kolaka dipusatkan di Kecamatan Aere. Program ini resmi dibuka pada 15 Juni 2021. Sebanyak tiga item pokok program fisik dan sepuluh item program nonfisik akan direalisasikan selama sebulan di wilayah itu.

Baca:   Pemda Mubar Tambah Level Waspadai PCC Sasar Pelajar

Laporan: Sarini Ido
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan