TMMD Siap Digelar, Pemda Buton Kucurkan Rp 1,5 M

  • Bagikan
Rapat koordinasi pelaksanaan program TMMD di Buton. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: BUTON – Pemerintah Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara menggelontorkan Rp 1,5 miliar untuk mensukseskan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 pada 2021.

Wakil Bupati Buton, Iis Elianti, menerangkan Pemkab akan mendukung kegiatan TMMD oleh Kodim 1413/Buton di tiga desa, Kecamatan Lasalimu Selatan. Keseriusan itu disampaikan ketika rapat koordinasi secara virtual, Kamis (18/2/2021).

“Sasaran pembangunan fisik dan nonfisik di tiga desa wilayah Buton, yaitu Desa Sangia Arano, Mulya Jaya, dan Harapan Jaya di Kecamatan Lasalimu Selatan,” jelasnya.

Diterangkan Danrem 143 Haluoleo melalui Kepala Staf Korem 143 Haluoleo, Kolonel Inf. Tri Rana, program TMMD hampir setiap tahun diadakan berdasarkan permintaan kepala daerah. Selama kegiatannya, sejumlah pembangunan fisik dan nonfisik dikerjakan, misalnya rehab masjid, pembangunan drainase, jalan, fasilitas umum, dan Mandi, Cuci, Kakus (MCK) masyarakat.

“Permintaan tersebut diamini oleh panglima TNI, TMMD dilaksanakan tiga kali dalam setahun, yang sebelumnya dua kali,” ucapnya.

Ditambahkan Dandim 1413 Buton, Letkol Inf. Arif Kurniawan, TMMD merupakan OPS Bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dengan lintas sektoral dalam rangka membangun negeri selama 30 hari atau 2-31 Maret. Tema TMMD diangkat, yaitu Wujud Sinergi Membangun Negeri.

Berhubung masih suasana pandemi, kegiatan TMMD akan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Baca:   Bupati Konawe Menyerahkan SK 100 Persen kepada Ratusan CPNS 2018

“Sasaran fisik pada tahap awal ini mulai kita kerjakan sebagai praTMMD. Sementara sasaran nonfisik berupa kegiatan penyuluhan, kita bekerja sama dengan beberapa dinas,” ujarnya. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan