TNI Gandeng Nakes Berikan Penyuluhan Kesehatan pada Warga Desa di Buton

  • Bagikan
Penyuluhan kesehatan di Desa Mulya Jaya, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton. (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BUTON – Selain aksi membangun desa dari segi fisik. program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) juga menggelar penyuluhan kesehatan kepada sejumlah masyarakat Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

Komandan Satuan Setingkat Kompi (SSK) TMMD ke-110, Letda Ridwan, mengatakan penyuluhan kesehatan ymerupakan salah satu program sasaran non-fisik TMMD berdasarkan arahan Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, agar masyarakat mendapatkan informasi dan pengetahuan kesehatan sehingga kualitas hidup mereka lebih meningkat.

“Diharapkan masyarakat selalu terjaga kesehatannya, untuk hidup sehat dan terhindar dari penyakit,” ujar Ridwan, Jumat (12/3/2021).

Dokter Umum Puskesmas Wajah Jaya Lasalimu Selatan, dr. Wa Ode Munarsi penyuluh menerangkan masyarakat diberikan bimbingan kesehatan menyangkut penyakit Diabetes Melitus dan hipertensi yang dianggap cukup rentan dan biasanya tidak disadari sebelumnya jika tidak rutin melakukan pemeriksaan.

ibu alimazi

“Penyakit itu cukup rentan dialami warga desa. Kita berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan mulai dengan menjaga pola makan, banyak berolahraga, aktivitas fisik, mengurangi rokok,” jelasnya.

Penyuluhan kesehatan itu juga bagian dari deteksi dini penyakit di lingkungan warga desa. “Jadi harus kita deteksi sejak dini dari desa-desanya, seperti melakukan pemeriksaan hipertensi, cek gulanya, dan lain-lain,” sambungnya.

Baca:   Uang Saku Penari Festival Budaya Tua Buton Belum Tuntas

Peserta penyuluhan kesehatan pun datang dari Desa Mulya Jaya, Desa Sangia Arano, dan Desa Harapan Jaya yang merupakan lokasi TMMD ke-110 Kodim 1413/Buton. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan