Tradisi Idul Fitri: Lebaran Sebentar Lagi, Pedagang Pakaian Dipadati

  • Bagikan
Salah satu pedagang pakaian di Pasar Sentral Kendari ramai pembeli jelang lebaran, Jumat (29 April 2022). (Foto: Elsa Claudia/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Tren baju baru saat lebaran sepertinya sudah menjadi tradisi. Hal ini nampak dari banyaknya pembeli yang mulai memadati pusat-pusat perbelanjaan, khususnya toko pakaian. Salah satunya di Pasar Sentral Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (29 April 2022).

H-3 lebaran 2022 membuat masyarakat Kota Kendari mulai memadati pasaran untuk membeli kebutuhan pokok dalam menyambut hari yang fitri. Rupanya, pakaian baru juga menjadi item yang banyak dicari jelang lebaran. Jenis pakaian yang laris pembeli di Pasar Sentral Kendari, di antaranya gamis dan blus.

Mustika, salah satu pedagang pakaian di Pasar Sentral Kota Kendari mengaku, jumlah pembelinya meningkat dibandingkan hari-hari biasa. Diapun optimis usai pandemi Covid-19 meningkat ditahun-tahun sebelumnya yang membuat pelanggannya berkurang, tahun ini keuntungan bisa kembali diperolehnya sebab pembatasan kegiatan mulai dilonggarkan pemerintah.

“Lebaran kali ini meningkat Insya Allah, tahun lalu masih dalam suasana corona, lumayan (berkurang pembeli),” ucapnya, Jumat (29 April 2022).

Kusman, pedagang lainnya juga merasakan hal tersebut. Jika di luar momen lebaran pendapatannya sekitar Rp 900 ribu, jelang hari raya dia bisa menghasilkan hingga berkali-kali lipat.

“Pendapatan kita itu relatif, tapi menjelang lebaran naik hingga tiga kali lipat,” ujarnya. (C)

Baca:   Lagi, Kalla Kakao Ekspor Cocoa Butter

Laporan: Elsa Claudia
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan