“Tudang Sipulung” Andi Sumangerukka Nahkodai KKSS Sultra Periode 2022-2027

  • Bagikan
Suasana Penetapan Andi Sumangerukka sebagai ketua KKSS Sultra pada Muswil ke V, Rabu (30 Maret 2022). (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM)
Suasana Penetapan Andi Sumangerukka sebagai ketua KKSS Sultra pada Muswil ke V, Rabu (30 Maret 2022). (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Musyawarah Wilayah V Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Sulawesi Tenggara (Sultra) menetapkan Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka (ASR) sebagai Ketua KKSS periode 2022 – 2025.

Meskipun pelaksanaan Muswil ini sempat alot adanya dinamika, tetapi akhirnya kembali berlangsung secara aman dan menetapkan mantan Pangdam XIV/Hasanuddin tersebut secara aklamasi menahkodai organisasi masyarakat yang menghimpun beragam paguyuban asal Sulawesi Selatan itu.

Sebelumnya, ada dua calon Ketua KKSS Sultra yang ditetapkan oleh steering comite yakni H. Tafdil dan Andi Sumangerukka. Namun keduanya kemudian melakukan Tudang Sipulung yaitu budaya leluhur Sulsel, sepakat mendorong ASR sebagai ketua.

Tudang Sipulung adalah salah satu tradisi suku Bugis Makassar di Provinsi Sulawesi Selatan, merupakan suatu kegiatan secara bersama-sama membicarakan dan merundingkan dalam memecahkan suatu masalah untuk mencapai suatu hasil kesepakatan melalui budaya musyawarah

“Ketetapan musyawarah wilayah V Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan Provinsi Sultra tentang ketua terpilih DPW KKSS masa bakti 2022-2027 berdasarkan anggaran dasar anggaran rumah tangga, menetapkan formatur Ketua Terpilih KKSS Sultra bapak Mayjend TNI (Purn) Andi Sumangerukka,” ujar Pimpinan Sidang, Muslimin Mawi, Rabu (30 Maret 2022).

Setelah terpilih, ketua terpilih melakukan konsolidasi yang dibantu oleh anggota formatur lainnya untuk pembentukan kepengurusan baru.

Baca:   Andi Sumangerukka Dikenalkan ke Masyarakat Pemecah Batu di Busel

Diakhir kegiatan, Muslimin Mawi yang juga merupakan Ketua Umum OKK BPP KKSS meminta seluruh peserta Muswil agar merajut kembali persatuan, harmonisasi kekeluargaan demi majunya KKSS.

“Setelah ini kita saling maaf memaafkan, keluar meninggalkan ruangan ini tidak ada lagi perbedaan diantara kita,” ungkapnya.

Ia berharap ketua terpilih dapat bekerja maksimal pada organisasi yang telah terbentuk, serta bisa bekerja maksimal dengan semua pilar-pilar yang ada di Sultra.

“Saya harap kepada ketua terpilih bisa kerja maksimal, bersinergi dengan pemerintah dan bisa lebih berbuat dan berkarya guna kemajuan dalam pembangunan di daerah,” katanya.

Sementara itu, Andi Sulolipu mewakili ASR mengungkapkan, pasca terpilih Andi Sumangerukka akan segera melakukan pertemuan untuk menyamakan visi dan misi KKSS Sultra ke depan.

“Kami tentunya akan kerja maksimal konsolidasi dengan saudara-saudara kami, karena KKSS adalah rumah besar bagi kami. Kita bergandeng tangan dengan pemerintah untuk memajukan daerah, sesuai pesan leluhur dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung,” pungkasnya. (B)

Laporan: La Niati
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan