UMK Optimis Go International

  • Bagikan
Peserta KKA-PPL mahasiswa UMK di Thailand. (Foto: Arsip SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Universitas Muhammadiyah Kendari tengah menggagas diri menuntun mahasiswa memiliki kompetensi dalam menghadapi persaingan global. Misalnya pertukaran mahasiswa UMK dengan mahasiswa di negara Asean.

Bentuk kerja sama telah digagas dengan dilakukannya kuliah kerja amaliah (KKA) di Thailand. Kemudian rencana selanjutnya diperluas dibelahan negara lainnya. 

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik UMK, Muhammad Yamin, pertukaan mahasiswa ke negara tetangga merupakan bagian dari langkah UMK menuju “go International.” Rencana selanjutnya, pihak kampus akan menjalin kerja sama dengan Kerajaan Saudi Arabia dan Negara Cina untuk skala internasional.

“Prosedur pertukaran mahasiswa terhadap perguruan tinggi di negara asia, harus memiliki program studi yang sama antar perguruan tinggi dan mahasiswa wajib memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang fasih,” kata Yamin, Sabtu (19/8/2017).

Selain membentuk kerja sama kepada pemerintah daerah dan berbagai perguruan tinggi, UMK juga sedang mempersiapkan borang untuk diberikan kepada Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada September 2017 yang nantinya menjadi arah menuju peningkatan akreditasi B.

Salah satu optimisme peningkatan akreditasi kata Yamin, UMK telah menjadikan pangkalan datanya terbaik di Sultra. “Universitas ini akan setara bahkan lebih baik dengan perguruan tinggi lainnya dengan meningkatkan mutu akademik,” ujar Yamin.

Baca:   90 Persen UMK di Wakatobi Tidak Menikmati Kredit di Lembaga Keuangan

Laporan: Firmansyah Asapa

  • Bagikan