UNBK Menumpang, SMP Barakati Kendari Optimis Lulus 100 Pesen

  • Bagikan
Sejumlah siswa SMP Barakati, Sukarto. (Foto: Ade Putri/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebanyak 29 siswa SMP Barakati akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer 2019. Sekolah ini merupakan satu di antara 12 sekolah kategori menumpang UNBK di wilayah Kendari.

“Kami belum bisa melaksanakan UNBK mandiri karena sarana dan prasarana penunjang UNBK belum ada, lab komputer tidak ada, WIFI belum ada,” jelas Kepala SMP Barakati, Sukarto kepada Sultrakini.com, Kamis (28/3/2019).

Oleh pihak sekolah, peserta ujian pun menumpang UNBK di SMKN 4 Kendari.

Kepala SMP Barakati, Sukarto. (Foto: Ade Putri/SULTRAKINI.COM)
Kepala SMP Barakati, Sukarto. (Foto: Ade Putri/SULTRAKINI.COM)

“Untuk sistemnya, masalahnya paling kita harus bolak balik ke SMK 4 Kendari. Kita sebagai tamu harus ikut aturan di sana, masalah dari siswa sendiri biasanya adalah ketidakmampuan mereka menggunakan komputer, jadi masih bingung harus melakukan apa saat berhdapan dengan komputer,” tambah Ketua UNBK SMP Barakati, Darniat.

Meski di tengah keterbatasan, pihak sekolah tetap optimis peserta didiknya lulus 100 persen di tahun ini. Sebagai bentuk persiapannya, para guru memperbanyak bank soal UNBK maupun Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), latihan dan pembahasan, serta tambahan belajar bagi siswa.

Sekolah yang berdiri sejak 2009 dan berakreditasi C di bawah naungan Yayasan Barakati ini, sebelumnya mengikuti UNBK dengan kategori sama (menumpang) pada 2018. Namun, pihak sekolah berkeyakinan, tahun berikutnya mampu UNBK mandiri.

Baca:   Wali Kota Kendari Belum Izinkan Sekolah Belajar Tatap Muka

(Baca juga: 55 SMP Sederajat di Kendari Ikuti UNBK 2019)

Laporan: Ade Putri
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan