Uniknya Festival Pulau Tukang Besi Aset Pulau Binongko

  • Bagikan
Foto Kepala Dinas Pariwisata Wakatobi, Nadar (Toto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI- Kepala Dinas Pariwisata Wakatobi, Nadar, akan memaksimalkan perayaan Festival Pulau Tukang Besi di Pulau Binongko pada 26 sampai 28 Maret 2017 mendatang. Meski belum memiliki target wisatawan festival ini, dirinya yakin tentang keunikan pulau tersebut sebagai wisata budaya menjanjikan di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

“Mudahan festival pulau tukang besi bisa menarik wisatawan domestik maupun manca negara,” katanya, Rabu (1/03/2017).

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

Festival tersebut ditujukan untuk menarik wisatawan melalui promosi budaya masyarakat Pulau Binongko. Apalagi pulau keempat dari singkatan Kabupaten Wakatobi itu, punya julukan ahli besi. Padahal tidak ada pabrik besi di pulau Binongko. Tetapi mereka mampu menjual hasil kreasi besinya sampai ke berbagai pulau di Indonesia, misalnya Maluku, Papua, Nusa Tenggara Timur.

Keunikan iniah dijanjikan wisatawan untuk tidak sia-sia mengunjungi Pulau Binongko. Disisi lain juga, menambah perekonomian masyarakat setempat.

“Masyarakat Pulau Binongko ahli dalam besi, dimana mereka sangat pandai dalam membuat pedang, parang, badik dan lain sebagainya yang terbuat dari besi,” ungkapnya.

Baca:   Tarif Angkutan Belum Turun, Dishub Wakatobi Berdalih Tunggu Juknis
  • Bagikan