Usai Kunker di Buton, Kepala Pengadilan Tinggi Sultra Berharap Terbangun Sinergitas

  • Bagikan
Kunker Pengadilan Tinggi Negeri Provinsi Sultra di Kabupaten Buton. (Foto: Dok. Diskominfo dan Persandian Buton)

SULTRAKINI.COM: BUTON – Kepala Pengadilan Tinggi Provinsi Sulawesi Tenggara, Pujiharsoyo berharap sinergitas yang baik terus terbangun dengan Pemerintah Kabupaten Buton untuk melaksanakan tanggung jawab sesuai bisang masing-masing.

Pujiharsoyo mengatakan, Pengadilan Negeri Pasarwajo meliputi Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah dan Kabupaten Bombana. Menurutnya, tersebarnya wilayah tugas tersebut diperlukan saling mendukung dengan pemerintah daerah setempat.

“Tanpa dukungan pemda, tanpa kerja sama dengan penegak hukum lainnya, yakni Polres dan kejaksaan, Pengadilan Negeri tidak akan mampu menjangkau seluruh wilayah hukum yang ada di bawah kewenangannya,” ucapnya ketika kunjungan kerja seperti dilansir dari Diskominfo dan Persandian Buton, Jumat (26/3/2021).

Dikatakannya sinergitas antara aparat penegak hukum dan Pemkab Buton bisa berjalan dengan baik meskipun tidak saling mengintervensi kewenangan masing-masing. Sebab Pengadilan mempunyai kemerdekaan untuk menegakkan hukum dan itu menjadi tolak ukur bagi pengadilan agar dipercaya oleh masyarakat.

Kedatangan Pujiharsoyo di Rujab Bupati Buton disambut Asisten Administrasi Tata Pemerintahan dan Kesra Sekda Buton, Alimani mewakili Bupati Buton, La Bakry.

Alimani berharap kunjungan kerja Kepala Pengadilan Tinggi Negeri Provinsi Sultra dapat meningkatkan sinergitas antara pihaknya dan provinsi maupun dengan stakeholder yang lain.

“Terima kasih kepada unsur terkait baik Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Pasarwajo yang terus mem-backup pemerintah daerah. Semoga kerja sama ini terus berlanjut,” ujarnya.

Baca:   Basarnas Terjunkan Tim Rescue Cari Nelayan Asal Buton yang Hilang di Laut

Alimani juga memaparkan wilayah Kabupaten Buton secara umum termasuk potensi pariwisata dan aspal sebagai produk unggulan yang akan menjadi tuan rumah di negeri sendiri, sehingga hal ini membawa manfaat pada kesejahteraan masyarakat Buton.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kajari Buton, Ketua PN Pasarwajo, Kapolres Buton, Asisten II, para Kepala OPD lingkup Pemkab Buton. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan