Vaksinasi Covid-19 di Sultra Belum Sampai 70 Persen

  • Bagikan
Mendagri Muhammad Tito Karnavian di Kendari.

Masyarakat yang belum suntik vaksin Covid-19 diminta untuk segera mendatangi gerai-gerai suntik yang disediakan pemerintah, guna mewujudkan capaian 70 persen sebagaimana target pemerintah pusat.

SULTRAKINI.COM: Presiden RI Joko Widodo memerintahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian untuk mendorong percepatan capaian vaksinasi di provinsi yang belum mencapai 70 persen hingga akhir tahun 2021.

Salah satu provinsi yang belum mencapai target itu adalah Sulawesi Tenggara, sehingga Mendagri Muhammad Tito Karnavian mendatangi daerah ini guna mengetahui permasalahan yang ada di daerah ini pada Sabtu (11 Desember 2021).

“Untuk mencapai hasil 70%, maka perlu percepatan. Memang ada beberapa provinsi yang sudah mencapai target 70%, ada juga yang belum, salah satunya Sulawesi Tenggara,” kata Tito dalam siaran pers usai melakukan Rapat Koordinasi Strategi Percepatan Vaksinasi bersama jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara di Rumah Jabatan Gubernur Sultra, Kendari, Sabtu.

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Dinkes Sultra) mencatat hingga saat ini vaksinasi di Sultra baru mencapai 45,59 persen untuk vaksinasi dosis pertama, dan 26,45 persen dosis kedua, serta 63,37 persen untuk dosis ketiga (booster) bagi para tenaga kesehatan.

Kemendagri bersama kementerian/lembaga lainnya berupaya memacu Pemerintah Daerah (Pemda) agar melakukan percepatan atau akselerasi vaksinasi Covid-19. Hal ini mengacu pada arahan Presiden Joko Widodo untuk dapat mempercepat vaksinasi dosis pertama hingga 70%.

Baca:   Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS 2019 masih Berlangsung, Cek Jadwal Seleksi Berikutnya

Kementerian atau lembaga lain itu dimaksudkan adalah Menteri Kesehatan (Menkes), Kapolri, Panglima TNI, Kepala BIN, Jaksa Agung bersama stakeholder lainnya turut bergerak bersama untuk mendorong jajaran masing-masing agar berkoordinasi dalam mempercepat vaksinasi.

“Bapak Presiden dalam Ratas hari Senin lalu menargetkan 70% untuk (vaksinasi) dosis pertama tingkat nasional. Dalam rangka mencapai target tersebut, maka selama lebih kurang tiga minggu ini kita melakukan percepatan,” kata Tito.

Dalam lawatannya di Sulawesi Tenggara, Tito melaksanakan rapat koordinasi dan menginventarisasi permasalahan dan kendala dalam melakukan percepatan vaksinasi. Rapat Koordinasi tersebut juga dimaksudkan untuk menemukan solusi dari persoalan yang dihadapi, sehingga percepatan vaksinasi dapat dilakukan.

Mendatang, Mendagri juga akan melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah untuk memastikan vaksinasi sesuai target. Harapannya, herd immunity atau kekebalan kelompok segera terbentuk dalam rangka menghadapi pandemi Covid-19.

Laporan: M Djufri Rachim

  • Bagikan