Videotron Bakal menjadi “Wajah Baru” Penataan Ibukota Konawe Unaaha

  • Bagikan
Ilustrasi Videotron. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe terus berupaya menata dan mempercantik Ibukota Unaaha, sala satunya dengan memasang satu unit perangkat media informasi luar ruangan berbasis digital atau videotron.

Videotron adalah sebuah panel layar terdiri dari lampu LED, yang menggunakan teknologi dan  memiliki fungsi untuk menampilkan gambar, video, chart, diagram, atau gambar apapun, dengan di handle oleh sebuah prosesor yang mengatur rangkaian LED tersebut menjadi gambar yg terstruktur.

Perangkat media videotron di Konawe terbilang baru. Pemda bakal merealisasikan hal ini dalam waktu dekat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe, Ferdinan Sapaan, mengatakan pemasangan videotron tersebut direncanakan akan dipasang di simpang empat traffic light Pos Lantas Unaaha, Ibukota Konawe.

“Pemasangan videotron itu hampir sama seperti yang ada di perempatan lampu merah (traffic light) eks MTQ Kendari. Kalau ditaksir nominal anggaran untuk pemasangan itu sekitar miliaran rupiah, tapi biayanya bukan dari kas daerah kita,” kata Ferdinan, Senin (25 Juli 2022).

Ferdinan menjelaskan, anggaran pemasangan videotron itu merupakan hadiah dari PT. Sulawesi Cahaya Mineral (SCM) kepada Pemda Konawe sebagai bentuk dukungan program revitalisasi Kota Unaaha.

“Ini merupakan kado dari mereka untuk Pemda Konawe,” jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan dengan adanya videotron itu dapat memberikan wajah baru Kabupaten Konawe sebagai daerah yang maju dan berkembang, karena akan menampilkan berbagai potensi yang ada diotorita setempat dan program kebijakan yang telah dikerjakan selama ini.

Baca:   Lima Koruptor Ini Dieksekusi Kejari Unaaha

“Tentunya ini juga kita butuhkan sebagai media untuk beriklan atau promosi,” kata Jendral ASN Konawe itu.

Ia menuturkan, videotron yang akan dibangun menjadi bukti konkret terintegrasinya program revitalisasi kota terhadap semua potensi yang ada di daerah. Termasuk, dengan menggandeng pihak korporasi dalam berkolaborasi meningkatkan pembangunan di daerah berjuluk lumbung beras Sulawesi Tenggara itu.

“Karena memang konsep pembangunan kita di Konawe menekankan pada tiga instrumen. Pertama, bagaimana memaksimalkan APBD dan APBN, memaksimalkan investasi, serta potensi lokal. Inilah salah satunya bagaimana kami memaksimalkan investasi dalam rangka mendorong percepatan pembangunan di Konawe,” tandas Ferdinand.

Terpisah, Camat Unaaha Aswar Razak, menyambut baik rencana pemasangan videotron tersebut, tentunya ini merupakan suatu pencapaian bagus untuk mendukung program revitalisasi Kota Unaaha.

“Ini membuktikan secara perlahan dan bertahap Kota Unaaha mulai maju dan kedepanya akan menjadi kota tujuan,” singkatnya.


Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan