Wabup Konawe Resmikan Puskesmas Sampara

  • Bagikan
Wabup Konawe, Gusi Topan Sabara, saat hendak mengunting pita dalam peresmian gedung baru Puskesmas Sampara, Senin (8/6/2020). (Foto: Istimewa).

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Wakil Bupati (Wabup) Konawe, Gusli Topan Sabara, meresmikan pengoperasian gedung baru Puskesmas Sampara pada Senin (8/6/2020). Tempat pelayanan kesehatan dengan bangunan megah itu, digadang-gadang bakal menjadi puskesmas episentrum untuk wilayah sebelah timur Kabupaten Konawe.

Hal itu diungkapkan langsung Wabup Konawe Gusli Topan Sabara saat diwawancarai usai peresmian bangunan baru puskesmas Sampara. Tak cuma fisik fasilitas kesehatan saja, Gusli juga berjanji bakal melengkapi alat kesehatan (alkes) serta tenaga medis untuk melayani warga yang memerlukan pengobatan di Puskesmas Sampara.

“Sehingga, warga Konawe yang sakit tak perlu berobat ke Kendari. Cukup di puskesmas Sampara saja,” tutur mantan Ketua DPRD Konawe itu.

Gedung baru Puskesmas Sampara. (Foto: Istimewa)

Gusli menambahkan, komitmen pemkab kedepan terkait penguatan tenaga medis dan alkes di Puskesmas Sampara, yakni bisa dilakukan dengan mem-push melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Konawe. Sebab menurutnya, aspek kesehatan merupakan hal paling urgen yang menentukan kemajuan masyarakat maupun daerah. Kendati demikian, Gusli tak memungkiri, puskesmas Sampara masih perlu sedikit polesan agar benar-benar menunjang pelayanan kesehatan warga. Misalnya penyediaan infrastruktur lain berupa paving blok, termasuk fasilitas perumahan bagi dokter yang bertugas di puskesmas tersebut.

“Tetap kita push, sebab fasilitas alkes harus lengkap. Kalau perlu, dokternya kita tambah,” ungkap Wabup Konawe.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sampara, Suriani, menjelaskan layanan di Puskesmas Sampara tak jauh beda dengan unit layanan kesehatan serupa lainnya. Di Puskesmas Sampara, sebutnya, pihaknya menyediakan layanan pemeriksaan gigi, klinik ibu dan anak (KIA), klinik gizi, poli umum, serta pelayanan diluar gedung seperti pemeriksaan ibu hamil, pemeriksaan malaria dan posyandu lansia.

Baca:   Dukcapil Layanani Perekaman KTP-el di Expo HUT Kendari ke-188
Wabup Konawe, Gusli Topan Sabara saat berbicara dengan Kepala Puskesmas Sampara, Suriani, Senin (8/6/2020). (Foto: Istimewa)

“Alhamdulillah gedungnya sudah bagus. Meskipun ada beberapa fasilitas yang masih kurang. Tapi, Pak Wakil Bupati Konawe tadi sudah berjanji akan melengkapinya tahun ini,” ucap Suriani.

Ia menyebut, pelayanan alat gigi (dental unit) di Puskesmas Sampara saat ini mengalami kerusakan. Alhasil, pihaknya hanya sebatas melakukan pemeriksaan biasa jika ada warga yang minta diperiksa kesehatan giginya. Selain itu, sambungnya, tenaga dokter dan paramedis di Puskesmas Sampara terbilang cukup memadai. Yang kurang hanyalah tenaga perawat sebab sebagian ada yang sementara menuntut ilmu keluar daerah.

“Kita disini punya empat ranjang UGD, empat ranjang rawat inap dan dua ruang bersalin,” rinci Kepala Puskesmas Sampara itu. (Adv)

Laporan: Ulul Azmi
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan