Wadir Reskrimum Polda Sultra: Panggil Tony Untuk Diperiksa Tidak Mudah

  • Bagikan
Terlapor dugaan kasus penipuan, Tony Herbiansyah oleh pelapor Ishak Ismail di Ditreskrimum Polda Sultra. (Foto: Arsip SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Perkembangan kasus dugaan penipuan oleh pelapor, Ishak Ismail terhadap terlapor, Tony Herbiansyah terkesan lambat penanganannya di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Kantor Polda Sultra. Laporan Ishak diketahui masuk pada awal Maret 2017.

Menurut Wakil Direktur Reskrimum Polda Sultra, AKBP Ilham Saparona, SIK pemanggilan pemeriksaan Tony perlu melewati sejumlah mekanisme. Misalnya melampirkan surat kepada menteri dalam negeri (mendagri), sebab terlapor merupakan bupati Kabupaten Kolaka Timur, memperjelas kasus dan kelengkapan bukti tuduhan.

“Manggil Tony Herbiansyah untuk diperiksa tidak semudah itu. Kita harus menyurat dulu ke mendagri, karena Tony ini pejabat negara, dia juga pejabat utama di Kolaka Timur. Jadi semuanya harus jelas,” katanya, Senin (15/5/2017).

Ishak Ismail melaporkan Tony terkait kasus dugaan penipuan pada awal Maret 2017 di Polda Sultra. Penanganan kasus sempat terpendam, dikarenakan pihak kepolisian tengah fokus pengamanan pemilihan walikota dan wakil walikota Kendari. Ia juga sudah dua kali mendatangi Ditreskrimum, guna mempertanyakan kejelasan laporannya. Kedatangannya sempat dimintai untuk melengkapi alat bukti.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

Ishak mengaku dibohongi tentang dijanjikannya pintu Nasdem untuk tampil di Pilwali Kendari 2017 setelah membantu Tony di Pilkada Kolaka Timur 2015 lalu. Menurutnya, janji itu tidak ditepati padahal dirinya mengaku membantu sejumlah uang dengan tujuan suksesi tersebut. Keseriusannya membawa perkara ini ke polisi juga disebabkan Tony tidak mengakui telah menerima suntikan dana pilkada yang akhirnya dimenangkan Tony.

Baca:   Pemda Konsel Bentuk Sentra Perikanan di Kolono

Istri Tony, Surya Adelina Hutapea sebelumnya juga diperiksa sebagai saksi bersama sejumlah saksi lainnya dalam kasus itu.

(Baca: Polda Sultra Fokus Periksa Saksi Atas Dugaan Penipuan Tony Herbiansyah)

(Baca juga: Anak Lorong Kembali Datangi Polda Sultra)

Laporan: Rian Adriansyah

  • Bagikan