Wakatobi Akan Punya Puskesmas Pariwisata

  • Bagikan
Kepala Dinas Kesehatan, Wakatobi Muliaddin. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Dinas Kesehatan Wakatobi akan membangun dua unit puskesmas pariwisata di Pulau Wangi-wangi tahun ini.

Pembangunan dua puskesmas bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) ini untuk menunjang Wakatobi sebagai salah satu daerah 10 top destinasi Indonesia, dan menunjang program kesehatan bersinar.

Kepala Dinas Kesehatan Wakatobi Muliaddin mengatakan, sebagai daerah pariwisata, Pemda Wakatobi harus menyiapkan fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih memadai dan berkualitas, baik dari sisi infrastruktur bangunan, fasilitas peralatan maupun SDM-nya.

“Sehingga pelayanan kesehatannya bisa lebih baik. Apa lagi para turis ini, sensitif dengan pelayanan kesehatan ini,” katanya, Rabu (22/1/2020).

Anggaran dua bangunan yang digelontorkan melalui DAK ini, lebih dari Rp 31 milar.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

“Jadi fasilitasnya lengkap, mulai dari UGD, ruang rawat inap, rawat jalan, rumah dinas petugas kesehatan, peralatan medis, mobil ambilance, taman, dan beberapa penunjang para medis lainnya,” ungkapnya.

Menurutnya, fasilitas yang ada di dua puskesmaa ini berstandar hotel.

Sebagai daerah pariwisata, pihaknya berencana akan membuat aturan agar para tenaga medis memakai pakaian khas Wakatobi.

Dua puskesmas ini ditempatkan di Kecamatan Wangi-wangi yaitu, pertangahan Desa Waelumu dan Waha, dan dibagian Desa Pada.

Baca:   Pemkab Wakatobi Rencanakan Bangun 'Surga di Darat' Pakai APBN

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan