Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari Minta Dewan Pengawas Jalankan Tugas dengan Baik

  • Bagikan
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. (Wa Ode Ria Ika Hasana/SULTRAKINI.COM)
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. (Wa Ode Ria Ika Hasana/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir resmi melantik Agus Salim Safrulah sebagai ketua Dewan Pengawas Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Kota Kendari masa bakti 2021-2026, di ruang Media Center Rujab Wali Kota Kendari, Rabu (3/11/21).

Sulkarnain Kadir meminta kepada dewan pengawas yang baru dilantik untuk menjalankan perannya dengan baik.

Pelantikan dewan pengurus ini melengkapi struktur Direksi Perumda yang sudah dikukuhkan sebelumnya. Wali kota berharap setelah dewan pengurus ini dilantik harus segera melakukan langkah-langkah untuk menyempurnakan organisasi dan segera memenuhi harapan masyarakat untuk mengoptimalkan potensi-potensi yang ada di Kota Kendari.

Sulkarnain juga meminta pada direksi untuk membangun komunikasi yang baik dengan pengawas sehingga perusahaan bisa berjalan dengan baik sesuai koridor dan ketentuan yang berlaku.

“Saya yakin dewan pengawas dan direksi bisa membangun Perusda yang sehat sesuai harapan masyarakat Kota Kendari,” ujar Sulkarnain Kadir.

Menurutnya, Perumda Kota Kendari ibarat bayi yang baru lahir, sehingga masih butuh penguatan dan pendampingan agar bisa menjadi sehat.

“Bayi yang nanti bisa memberikan harapan, menumbuhkan harapan warga Kota Kendari untuk menggali berbagai potensi yang ada di wilayah Kota Kendari,” ujarnya.

Pose bersama usai pelantikan dan pengabilan sumpah janji Dewan Pengawas Perumda Kota Kendari, Agus Salim Safrulah. (Wa Ode Ria Ika Hasana/SULTRAKINI.COM)Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. (Wa Ode Ria Ika Hasana/SULTRAKINI.COM)

Politisi PKS itu juga meminta kepada dewan pengawas agar bisa mendampingi para Direksi Perumda dengan baik, karena jika dianalogikan kendaraan direksi ini tugasnya tancap gas sesuai komitmen dan target pada pemerintah Kota Kendari, sendangkan dewan pengawas hadir untuk memastikan bahwa semangat obsesi yang hadir oleh dewan direksi bisa terkanalisasi dengan baik.

Baca:   5 Ribu Fakir Miskin dan Kaum Duafa Terima Sedekah dari Pemprov

Dewan pengawas juga berfungsi untuk memastikan potensi dan sumber daya yang ada di perusda bisa dikelola dengan baik sehingga bisa dikonversi menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dukungan terhadap dewan pengawas juga disampaikan Wakil Wali Kota Kendari Siska Karina Imran. Menurutnya dewan pengawas harus mengawal direksi agar semua target yang telah ditetapkan bisa dicapai.

Dia yakin dewan pengawas dan direksi bisa berkolaborasi dengan baik dalam membangun perusda Kota Kendari.

“Saya yakin dewan pengawas dan direksi bisa membangun Perusda yang sehat sesuai harapan masyarakat Kota Kendari,” katanya.

Pelantikan Dewan Pengawas Perumda Kota Kendari juga dihadiri Sekda Kota Kendari, Asisten, Staf Ahli dan para penguji.

Dewan Pengawas terpilih Agus Salim mengatakan, harus ada sinergitas dari berbagai pihak untuk memajukan Perumda. Karena pengelolaannya akan dimulai dari nol, oleh itu nantinya pihaknya akan bekerjasama menjalankan program atau rencana kerja direksi baik dari direksi utama maupun direksi operasional.

“Jadi kita bisa bekerjasama untuk memajukan daerah kita ini,” ujarnya.

Dia bilang, selain mengawasi, peran dewan pengawas juga untuk memberi nasihat kebijakan-kebijakan, penyusunan rincian anggaran, dan seterusnya, termasuk program direksi ke depan.

“Untuk saat ini, ada delapan sektor yang merupakan potensi bagi perumda untuk dikembangkan, mulai dari usaha transportasi, pariwisata, tambat labuh, UKM, dan lain sebagainya,” tuturnya.

Baca:   Tiga Poin Hasil Rapat Internal DPRD Kendari Terkait Bentrok Berujung Nyawa di Kendari

Di tempat yang sama, Direktur Utama Perumda Kota Kendari, Munir Madjid, mengatakan dengan dilantiknya dewan pengawas ini, pihaknya sudah bisa beraksi mengembangkan potensi pada delapan program divisi tersebut.

“InsyaAllah bisa berjalan dengan baik lagi karena dewan pengawas sudah ada. Karena kami tidak bisa berjalan tanpa ada dewan pengawas,” tutupnya. (Adv)

Laporan: Wa Ode Ria Ika Hasana
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan