Wali Kota Kendari Boyong Penghargaan pada Pertemuan Tahunan BI

  • Bagikan
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadirsaat menerima Piagam penghargaan yang diserahkan oleh Sekretaris Daerah Sultra Nur Endang Abbas. (Foto: Ist) 

SULTRAKINI.COM: KENDARI Pemerintah Kota Kendari melalui Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir berhasil memboyong dua penghargaan sekaligus pada saat acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2021 yang digelar disalah satu hotel megah di Kendari, Rabu (24/11/2021).

Dua penghargaan yang diterima Kota Kendari yaitu penghargaan sebagai Kota Kendari Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) dan penghargaan sebagai kota terdigital berdasarkan Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IEPTD) se- Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kedua penghargaan itu, diterima secara langsung oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Sultra Nur Endang Abbas pada pertemuan tahunan Bank Indonesia 2021, bersama kepala-kepala daerah lainnya di Sultra yang juga mendapat penghargaan.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir saat menerima plakat penghargaan yang diserahkan oleh Sekretaris Daerah Sultra Nur Endang Abbas. (Foto: Ist)

Penghargaan itu diterima atas upaya pemerintah kota dalam mendorong solusi digital yang berkaitan dengan transaksi non tunai dalam berbagai aspek.

Program ini berkomitmen mendorong percepatan dan perluasan digitalisasi daerah melalui tiga elemen, yaitu digitalisasi pasar untuk memudahkan pedagang dalam menjalankan usaha, elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETP) serta untuk mendorong meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Baca:   Kemenko PMK dan Wali Kota Kendari Beri Bantuan Pendidikan Kepada Yatim Piatu

Pertemuan Tahunan BI 2021 ini dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi dan dihadiri langsung oleh pejabat-pejabat tinggi utama dan Forkopimda di Sulawesi Tenggara.

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, dalam sambutannya melalui video conference mengharapkan digitalisasi ekonomi dapat fokus diurus sebagai penguatan ekonomi bangsa.

“Karena potensi ekonomi digital Indonesia sampai di 2025 akan mencapai 124 milliar dollar,” ungkap Presiden Joko Widodo.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (tengah) bersama kepala daerah lain yang menerima piagam penghargaan yang (Foto: Ist)

Presiden Joko Widodo mengharapkan agar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat dimudahkan dalam perdagangan elektronik, sehingga UMKM dapat menikmati transformasi ekonomi yang dilakukan pemerintah.

Sementara itu, Plt Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sultra Taufik Ariesta mengatakan bahwa Penghargaan Bank Indonesia kepada Kota Kendari karena Komitmen, inovasi dan implementasinya dalam program digitalisasi daerah.

“Kami melihat berbagai komitmen, upaya, inovasi dan juga implementasi dari digitalisasi yang ada di Kota Kendari mulai dari transaksi pemerintah, pembayaran tagihan PDAM, pariwisatanya di Pantai Nambo, di pasarnya ada Peddys Market, makanya kita menyatakan Kota Kendari Layak menerima penghargaan ini,” ungkapnya.

Menurutnya, penghargaan yang diterima oleh Kota Kendari berdasarkan apa sudah dilihat dan mengaksesnya. Artinya sudah menjadi fakta pada berbagai aspek, sehingga diputuskan Kota Kendari layak mendapat penghargaan tersebut.

Baca:   Tabungan Emas Pegadaian, Berinvestasi Emas Lebih Mudah

“Penghargaan itu diterima atas upaya pemerintah kota dalam mendorong solusi digital yang berkaitan dengan transaksi non tunai dalam berbagai aspek,” pungkasnya.

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan