Wali Kota Kendari Minta Pengurus GPMB Kembangkan Literasi Tangkal Hoaks

  • Bagikan
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir melantik pengurus GPMB. (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir melantik pengurus GPMB. (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (PD GPMB) Kota Kendari masa bakti 2021-2025 resmi dilantik oleh Wali Kota Kendari di Aula SMPN 9 Kendari, Senin (4/10/2021).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir yang melantik sekaligus membuka musyawarah pengurus mengharapkan dengan perkembangan teknologi saat ini GPMD Kendari dapat mengambil peran strategis terkait dengan kualitas literasi yang harus ditingkatkan.

“Dengan begitu bisa menghindari hoaks, serta menghindari berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, termasuk melatih masyarakat untuk mengungkapkan ide atau gagasan dengan cara yang baik dan beretika tentunya,” ucapnya.

Untuk membantu hal tersebut kata dia, Pemerintah Kota Kendari juga akan menyediakan akses sampai ketingkat kelurahan bahkan RT dan RW, agar masyarakat terbiasa dan terlatih dalam menulis yang benar kemudian membaca lebih rajin.

“Jangan hanya baca judul, kemudian tiba-tiba sebar padahal belum tentu judul menggambarkan isinya, jadi itu yang harus kita latih. Mudah-mudahan kehadiran GPMD ini bisa mengambil peran,” kata Sulkarnain.

Di tempat yang sama, Ketua GPMB Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain mengungkapkan program kerja selanjutnya pihaknya berupaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat khususnya bagi pelajar. Sehingga efeknya bisa dilihat untuk generasi yang akan datang.

Baca:   Usai Memilih, Sulkarnain Himbau Warganya Tak Melakukan Euforia

Berikutnya kata dia, pihaknya akan membuat website karya tulis yang bisa diakses oleh semua lapisan masyarakat. Kemudian, semua karya tulisnya berasal dari pengurus itu sendiri.

“Sekarang ini pengurusnya berasal dari tenaga pendidik, akademisi, kesehatan dan hukum. Jadi diupayakan semua pengurus untuk membuat tulisan,” paparnya. (C)

Laporan: Al Iksan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan