Warga Asera Antusias Mengikuti Vaksin Covid-19 yang Diselenggarakan Militer

  • Bagikan
Tim medis dan anggota Koramil Asera foto bersama usai pelaksanaan vaksinasi massal di Kantor Koramil tersebut. Foto: Dok Koramil Asera.

Anggota TNI di wilayah Koramil Asera, Kabupaten Konawe Utara mendatangi rumah-rumah warga yang belum melakukan suntik vaksin Covid-19. Warga pun senang dan antusias mendatangi markas tentara di tingkat kecamatan itu untuk suntik vaksin. Ini kali ketiga diselenggarakan di daerah itu.

SUTRAKINI.COM: Kabupaten Konawe Utara sudah masuk level satu PPKM, namun pemerintah terus mengimbau masyarakat setempat untuk terus mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Serta menggalakan vaksin guna membentuk kekebalan tubuh kelompok (herd immunity). Dengan demikian maka masyarakat lebih produktif dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Terkait dengan program vaksin tersebut, kini pemerintah setempat menjalankan system jemput bola. Petugas media mendatangi setiap rumah warga yang belum mengikuti program vaksinasi untuk disuntik vaksin.

Kali ini yang bergerak untuk memvaksin masyarakat adalah pihak militer setempat, yakni Komando Rayon Militer (Koramil) 1417-08 Asera.

Koramil Asera bekerjasama dengan tenaga kesehatan Rumah Sakit Ismoyo Korem 143/HO dan Puskesmas Andowia pada akhir pekan lalu mendatangi rumah-rumah warga memberikan imbauan serta mengajak penghuni rumah agar mau melakukan vaksinasi ke Posko Koramil Asera.

“Manfaat vaksin sangat baik untuk diri mereka sendiri,’ kata Komandan Rayon Militer (Danramil) 1417-08 Asera, Mayor Inf. Petrus Hehakaya, Senin (22 November 2021).

Baca:   Sekda Konut: Bursa Inovasi Desa Diharapkan Mampu Bangun desa

Menanggapi ajakan itu, warga setempat sangat antusias mendatangi posko penyuntikan yang dipusatkan di Kantor Koramil Asera.

“Kami sangat senang mengikuti kegiatan vaksin karena manfaatnya untuk diri sendiri, bisa terhindar dari paparan Covid-19,” ujar Adi, warga setempat kepada SultraKini.com, Selasa (23 November 2021).

Suntikan vaksin covid-19 idelanya dilakukan sebanyak dua kali, dosis pertama untuk memicu respons kekebalan awal, dan dosis kedua guna menguatkan respons imun yang terbentuk.

Koordinator Tim Tenaga Kesehatan (Nakes) Rumah Sakit Ismoyo, Komando Resor Militer (Korem) 143/HO, Peltu Sugiarto menjelaskan pihaknya menyediakan 200 kuota dari 150 sasaran yang ditargetkan untuk suntik vaksin.

“Jumlah kuota vaksinasi Covid-19 tahap satu dan dua masing-masing 150 sasaran namun kami siapkan 200 kuota guna mengantisipasi pertambahan jumlah peserta,” kata Sugiarto.

Kegiatan serupa sudah berlangsung tiga kali di wilayah Konawe Utara.

Selain di Kabupaten Konawe Utara, pihak TNI juga menggelar vaksin untuk masyarakat di Desa Tambe, Kecamatan Rarowatu, Rumbia, Kabupaten Bombana yang dimotori oleh Dandim 1413 Buton, Letkol ARM Muhammad Faozan.

Tujuannya untuk membantu pemerintah menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Laporan: M Djufri Rachim

  • Bagikan