Warga Konawe Antusias Berburu Vaksin Massal Kemerdekaan RI

  • Bagikan
Kerumunan warga mengikuti proses vaksinasi Kemerdekaan RI ke- 76 di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe. (Foto: Andi Nur Aris.S./SULTRAKINI.COM)
Kerumunan warga mengikuti proses vaksinasi Kemerdekaan RI ke- 76 di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe. (Foto: Andi Nur Aris.S./SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Dalam rangka memperingati Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 76 tahun 2021, Pemerintah Daerah (Pemkab) Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Kesehatan melaksanakan pelayanan vaksin gratis massal di halaman Kantor Dinas Kesehatan Konawe, Seni (16/08/2021).

Kegiatan vaksin massal bertemakan ‘Vaksinasi Kemerdekaan’ merupakan program pusat yang dilakukan pemerintah daerah seluruh Indonesia, termasuk Pemda Konawe guna memutus rantai penyebaran Covid-19 yang kina belum berakhir.

Dari pantauan awak media ini, vaksinasi massal oleh Pemda Konawe mendapatkan antusias yang cukup tinggi oleh masyarakat setempat, sehingga terjadi kerumunan di lokasi vaksin tanpa penerapan Protokol kesehatan (Prokes).

Terlebih lagi, pihak panitia tidak menyiapkan lokasi yang cukup bagi para peserta vaksin agar menghindari kerumunan. Bahkan pihak panitia telah mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga jarak, akan tetapi imbau tetap tak berhasil sehingga masyarakat berdesakkan di lokasi vaksin.

Sala satu peserta vaksin, Ilham mengatakan, awalnya peserta yang datang hanya sedikit, namum berselang beberapa jam sudah mulai ramai yang datang.

“Sudah sekitar 10 menit saya kesini, tapi masih sedikit orang, tapi tidak lama yang datang langsung banyak,” katanya

Hal serupa juga diungkapkan Rido, jika ia merasa khawatir dengan kerumunan yang terjadi dilokasi vaksin itu, sehingga tidak berani masuk dalam kerumunan tersebut.

Baca:   Tiga Sopir Dump Truk PT VDNI di Morosi Kedapatan Miliki Sabu

“Takut saja, karena ada juga tidak memakai masker,” jelasnya.

Menyikapi hal tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) sekaligus Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Konawe, Dr. Ferdinand Sapan mengatakan, jika terjadinya lonjakan peserta yang ingin mendapatkan vaksinasi itu diluar dari perkiraan Dinas Kesehatan selaku panitia penyelenggara.

“Antusias warga untuk kegiatan ini diluar perkiraan pihak panitia, ini menandakan bahwa masyarakat Konawe sudah menyadari pentingnya vaksinasi,” jelas Ferdinan.

Ia menambahkan, untuk kedepannya kegiatan vaksinasi massal tersebut akan segera diatasi secepatnya, agar terjadi lagi kerumunan saat pelayanan vaksinasi massal seperti ini.

“Kerumunan sudah teratasi, untuk kedepannya vaksinasi ini akan dilakukan di Puskesmas, untuk menghindari kerumunan lagi,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Konawe, drg. Mawar Taligana saat dikonfirmasi awak media mengatakan pihaknya juga tidak menduga akan lonjakan peserta yang datang sehingga terjadi kerumunan itu.

Mawar Taligana bahkan menyebut telah meminta bantuan Polisi dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol- PP) untuk mengurai kerumunan. Upaya itupun tidak berhasil menertibkan peserta untuk tetap menerapkan prokes dalam hal ini menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Sudah kami upayakan, dari Satpol dan Polisi sudah cukup berbuat tapi masih ada warga kurang sadar,” ungkap Kadis Kesehatan Konawe itu. (B)

Baca:   Kapolda Sultra: Polisi Dilarang Cuti saat Idul Fitri

Laporan : Andi Nur Aris.S
Editor: Hasrul Tamrin/M Djufri Rachim

  • Bagikan