Warga Mubar 50,22 Persen sudah Divaksin Covid-19

  • Bagikan
Kepala Dinas Kesehatan Mubar, LM. Ishar Masiala. (Foto: Hasan Jufri/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara per 29 Juni 2021 naik 5,67 persen menjadi 50,22 persen. Progres ini masuk urutan kelima di Provinsi Sultra.

Kepala Dinas Kesehatan Mubar, LM. Izhar Masiala, mengatakan dari jumlah yang ditargetkan 14.987 orang divaksinasi, mencapainya 7.527 orang atau 50,22 persen saat ini. Jumlahnya akan terus bertambah, terlebih diselenggarakannya vaksinasi massal yang berpusat di Kantor Camat Tiworo Tengah dan bakal disaksikan oleh Presiden Joko Widodo secara virtual. Target realisasi vaksinasi massal sebanyak 1.000 orang.

“Warga semakin antusias untuk divaksin. Di setiap puskesmas kuotanya semakin bertambah. Sempat habis (vaksin), namun saat ini tiba lagi 250 vial vaksin sinovac atau sekitar 2.500 vaksin yang tersebar di masing-masing puskesmas,” ucapnya, Rabu (30/6/2021).

Dalam vaksinasi, lanjutnya, terdapat kendala- kendala di lapangan baik teknis maupun dari masyarakat itu sendiri. Salah satu pemicunya adalah kurangnya edukasi sehingga masyarakat terimajinasi kabar hoaks tentang vaksin.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

“Ada satu kepala desa membuat surat pernyataan tertulis penolakan terhadap vaksinasi, juga salah satu dokter pingsan karena banyak masyarakat yang antusias ikut vaksin saat screening,”
tambahnya.

Baca:   2019, Pemda Konut Salurkan Rastra kepada 3.065 Keluarga

Dirinya berharap, masyarakat bisa lebih sadar untuk divaksinasi Covid-19, khususnya pelayan publik.

“Vaksinasi bukan saja pribadi yang dilindungi, tapi melindungi kelompok. Jadi masyarakat jangan terprovokasi dengan banyaknya hoaks, vaksin aman dan halal,” jelasnya. (B)

Laporan: Hasan Jufri
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan