Warga Tak Punya WC Pribadi, TNI Mulai Pembangunan MCK di Buton

  • Bagikan
Personel TMMD membangun MCK di Desa Mulya Jaya. (Foto: Tim Penerang Kodim 1413/Buton)

SULTRAKINI.COM: BUTON – Pembangunan sarana mandi, cuci, kakus (MCK) mulai dilakukan oleh personel TNI di Desa Mulya Jaya, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton pada Minggu, 7 Maret 2021. Aktivitas ini merupakan salah satu program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110.

Dandim 1413/Buton, Letkol Inf Arif Kurniawan, mengatakan progres pekerjaan kegiatan TMMD pada 2021 oleh Kodim 1413/Buton pada keseluruhan sasaran fisiknya masih di bawah 20 persen. Khusus pembangunan MCK ditargetkan tujuh unit di dua desa, yakni tiga unit MCK di Desa Mulya Jaya ukuran 2 x1,5 meter dan empat unit MCK di Desa Harapan Jaya dengan ukuran yang sama.

“Hari ini mulai pembangunan MCK di Desa Mulya Jaya. Progres pekerjaan baru 8 persen dengan ukuran 2 x 1,5 meter,” terang Arif Kurniawan, Minggu (7/3/2021).

Kata Arif, dalam kegiatan TMMD ke-110 ini, terlibat sedikitnya 150 orang termasuk masyarakat sebanyak 100 orang, jajaran Pemda 19 orang, personel Polri sembilan orang, dan personel TNI 122 orang langsung di bawah pimpinan Mayjen TNI Andi Sumangerukka.

Sekretaris Desa Mulya Jaya, Aco Hamid, mengaku pembangunan MCK di wilayahnya sangat membantu masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Sebab, masih terdapat rumah di desa tersebut tidak dilengkapi WC pribadi, sehingga pengadaan MCK diusulkan dalam program kerja TMMD.

Baca:   Tim Satgas Covid-19 Sultra Gandeng Kodim 1413/Buton Sosialisasi Pencegahan Covid-19

“Ini menjadi usulan kita karena tidak semua masyarakat punya WC sendiri jadi menjadi pertimbangan kami usulkan,” ucap Aco. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan