Warga Talodo Blokir Akses Kendaraan Bibit Milik PT Sari Asri Rejeki Indonesia

  • Bagikan
Bibit kelapa sawit milik PT Asri Rejeki Indonesia terlantar di pintu jalur menuju kawasan penanaman milik perusahaan di Desa Talodo, Kecamatan Lalolae, Kabupaten Kolaka Timur, Sultra. (Foto: Hasrianty

SULTRAKINI.COM: KOLAKA TIMUR – Dua ribu bibit kelapa sawit terlantar di pintu jalur menuju lahan penanaman PT Sari Asri Rejeki Indonesia sejak tiga hari terakhir. Akses rupanya telah dilokir warga Desa Talodo, Kecamatan Lalolae, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara yang berada di kawasan itu.

Kepala Desa Talodo, Sautia menjelaskan pemblokiran jalan adalah bentuk kekecewaaan warga karena perusahaan telah menggunakan jalan desa  yang dibangun dari dana desa setempat. Disatu sisi, warga juga menolak aktivitas penanaman kelapa sawit oleh perusahaan, yang diketahui belum menyelesaikan persoalan lahan yang dibeli dari warga.

“Pihak perushaan belum menyelesaikan masalah lahan yang dia beli dengan lahan masyarakat yang tumpang tindih. Saya meminta peta global pembelian lahan, tapi tidak dikasi,” kata Sautia, Kamis (14/9/2017).

Upaya mediasi dari aparat desa dengan perusahaan juga dilakukan sebelum pemblokiran jalan. Namun niat itu tidak ditanggapi pihaknya.

Dikonfirmasi terkait persoalan tersebut, Humas PT Asri Rejeki Indonesia, Saiful berdalil jalur yang dilalui kendaraan menuju lokasi penanaman bibt sawit sedang diperbaiki. 

“Jalur tengah diperbaiki karena rusak. Bu desa menutup untuk sementara,” katanya.

Laporan: Hasrianty

Baca:   Wilayah Sanggona Sudah Tak Gelap Lagi
  • Bagikan