Waspada Penyakit Saat Musim Hujan

  • Bagikan
Ilustrasi. (Antarafoto/Wahyu Putro A)

SULTRAKINI.COM: Musim hujan juga rawan timbulnya berbagai penyakit. Karena pada musim hujan tubuh akan lebih mudah terserang penyakit akibat adanya perubahan suhu pada lingkungan. Tidak hanya itu, sejumlah jenis mikroba serta virus lebih mudah berkembangan biak dan makin mudah masuk ke dalam tubuh.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa penyakit yang harus waspadai ketika musim penghujan:

  1. Influenza atau flu

Penyakit yang sering menyerang saat musim hujan, yaitu flu. Flu disebabkan oleh inveksi virus influenza tipe A, B, atau C. Infeksi ini akan menyerang pernapasan dan menyebabkan gejala, seperti demam, batuk, pusing, sakit kepala, dan tenggorokan. Penyakit ini dapat dengan mudah menyebar melalui udara, batuk, bersin atau dari menyentuh benda yang terkontaminasi.

Walaupun penyakit ini bisa sembuh tanpa diobati, tetapi Anda tetap harus waspada,karena terdapat beberapa orang menderita komplikasi seperti pneumonia.

  1. Diare

Diare di musim hujan biasanya disebabkan oleh serangan bateri Salmonella, Cholera, dan Shigella. Penyakit ini ditandai dengan buang air besar secara terus-menenerus, bahkan sampai berminggu-minggu.

  1. Demam Berdarah Dengue (DBD)

DBD adalah salah satu penyakit menular, biasanya diakibatkan oleh nyamuk yang membawa penyakit pada saat musim hujan sebab berkembangbiakan nyamuk akan meningkat saat musim tersebut.

Baca:   BMKG: Sultra Berpotensi Hujan Tiga Hari, ini Penyebabnya

Demam berdarah dapat menyebabkan pendarahan serius, penurunan tekanan darah secara tiba-tiba hingga menyebabkan kematian.

  1. Penyakit Kulit

Saat musim hujan akan membawa banyak bakteri yang menyerang kulit. Bakteri menyebabkan rasa gatal pada kulit yang disebabkan oleh jamur. Infeksi jamur kulit umumnya terjadi pada lipatan-lipatan tubuh, seperti selangkangan dan payudara. (C)

Laporan: Tian
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan