Waw.. Mau Lihat Pakaian Jamaah Asal Koltim Pulang dari Haji?

  • Bagikan
Jamaah haji asal Koltim tiba disambut di Masjid Jabal Nur Rate-rate, Kecamatan Tirawuta. (Foto: Hasrianty/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA TIMUR – Kedatangan jamaah haji asal Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara disambut pemerintah daerah beserta jajarannya di Masjid Jabal Nur Rate-rate, Kamis (28/7/2017). Jumlah jamaah sebelum berangkat terdata 140 orang dan tiba di tanah Koltim dengan jumlah utuh.

Nampak di penyambutan para jamaah, Wakil Bupati Koltim Andi Merya Nur, Ketua DPRD Koltim Rahmatia Lukman, pihak Kementerian Agama Koltim, dan tak ketinggalan keluarga para jamaah haji yang memadati halaman Masjid Jabal Nur Rate-rate, Kecamatan Tirawuta. Ada juga pengunjung yang sengaja datang untuk menyaksikan kembalinya jamaah haji tersebut.

“Saya hanya datang menyaksikan kedatangan jamaah haji, bukan menjemput. Saya senang menonton jamaah haji, pakaian mereka menarik, itu yang membuat saya tertarik, umumnya mereka menggunakan pakaian renda dan jubah,” kata Niken, Salah Seorang Pengunjung di tengah keramaian acara penjemputan tersebut.

(Baca: Koltim Berangkatkan 140 CJH)

Memang, kedatangan para jamaah asal Koltim, khususnya perempuan membuat mata siapa saja terkesima melihatnya. Jamaah perempuan mengenakan pakaian berenda ibarat menghadiri acara pernikahan. Sedangkan jamah pria mengenakan pakaian arab yang khas dengan topi sorbannya.

Misalnya Hajja Suriani asal Lembah Subur, Kecamatan Dangia, Koltim. “Pakaian ini sudah tradisi dan bukan wajib khususnya di Sulsel,” ujarnya.

Baca:   Ketua DPD PAN Se-Sultra Memulai Kerja Sebelum Dilantik

Laporan: Hasrianty

  • Bagikan