WHO Peringatkan Bahaya Disinfektan Disemprotkan ke Orang

  • Bagikan
Penyemprotan disinfektan ke wartawan di Kabupaten Konawe, Sulawesii Tenggara, Senin (30/3/2020). (Foto: Dok.Sultrakini.com)

SULTRAKINI.COM: Organisasi Kesehatan Dunia memperingatkan untuk tidak menyemprotkan disinfektan langsung ke tubuh seseorang.

Dalam cuitan WHO di akun twitter-nya menyebutkan, menyemprotkan disinfektan langsung ke tubuh seseorang bisa membahayakan. Sebab, disinfektan hanya digunakan pada permukaan benda-benda.

Menyemprotkan alkohol atau klorin pada tubuh seseorang tidak akan membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh. Menyemprotkan bahan-bahan kimia seperti itu dapat membahayakan jika terkena pakaian atau selaput lendir. Misalnya, mata dan mulut.

“Ingat alkohol dan klorin bisa berguna sebagai disinfektan pada permukaan, namun harus digunakan sesuai dengan petunjuk penggunaannya,” cuit WHO di akun twitter resminya, Minggu (29/3/2020).

Di tengah wabah Covid-19, sejumlah pihak banyak menjadikan cairan disinfeKtan sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran wabah Covid-19.

Tidak sebatas jalan raya, cairan disinfektan juga disemprotkan ke sejumlah masjid, kantor, fasilitas umum lainnya, bahkan disemprotkan ke orang.

Banyaknya penggunaan cairan disinfektan tersebut, membuat banyak informasi di internet maupun media sosial yang menunjukkan tata cara membuat disinfektan sendiri. Umumnya, bahan yang digunakan adalah sodium hipoklorit yang bisa diperoleh dari cairan pemutih dengan kandungan konsentrasi antara 2,5-5 persen. Cairan ini kemudian dicampurkan air dengan perbandingan 1:100.

Editor: Sarini Ido

Baca:   Tambah 2 ODP, RS Darurat Covid-19 Konawe Penuh
  • Bagikan