Wisuda 409 Mahasiswa, Lulusan STIE 66 Kendari Alami Peningkatan

  • Bagikan
Program Wisuda ke XVI STIE 66 Kendari. (Foto: Ist) 

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) 66 Kendari berhasil meluluskan sebanyak 409 mahasiswanya dalam program Wisuda ke XVI untuk program studi Manajemen, Akutansi dan Magister Manajemen, yang digelar disalah satu hotel di Kendari, Sabtu (13/11/2021).

Ketua STIE 66 Kendari, Bahtiar Abba mengatakan wisuda kali ini merupakan prestasi capaian wisuda terbaik dari program-program wisuda sebelumnya. Karena jumlah peserta wisuda mengalami peningkatan dari 240 di tahun sebelumnya menjadi 409.

“Jumlah mahasiswa yang masuk sejak  dari tahun 2017 sampai 2021 ini mengalami peningkatan, artinya jumlah mahasiswa yang masuk akan terlihat pada saat jumlah mahasiswa selesai. Jadi perlu saya sampaikan bahwa sampai dengan 2024 kedepan tentu pasti akan mengalami peningkatan jumlah wisudawan yang signifikan,” ungkapnya.

Adapun rincian peserta wisudawan pada program wisuda kesempatan ini diantaranya, program Akutansi (S1) sebanyak 142 orang dengan rata-rata nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,54, program Manajemen (S1) sebanyak 170 orang dengan IPK rata-rata 3,58 dan program Magister Manajemen (S2) sebanyak 97 orang dengan IPK rata-rata IPK 3,97.

Bahtiar juga mengungkapkan, bahwa STIE 66 juga patut berbangga pada peserta wisudawan ini karena program yang dicanangkan bagi mahasiswa akhir atau semester 7 sudah wajib untuk melakukan eksen seminar proposal dapat dilakukan sehingga itulah yang mendongkrak jumlah peserta wisudawan.

Baca:   Wisuda USN Kolaka, Jadwal yang Ditunda

“Ini artinya kita berhasil dalam program percepatan penyelesaian masa studi mahasiswa dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena pada 2020 biasanya mahasiswa nanti pada Desember baru melakukan seminar, tapi kali ini lebih cepat, meraka malah sudah melakukan yudisium diawal November ini,” bebernya.

Peningkatan lain juga dapat dilihat dari nilai rata-rata IPK wisudawan melebihi dari standar nilai yang diberlakukan oleh Dikti yakin 3,1 . Untuk wisudawan Magister Manajemen misalnya rata-rata IPK 3,79 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu 3,57 ada peningkatan 1,1 digit.

Selain itu, berdasarkan distribusi jumlah nilai rata-rata IPK yang ikut wisuda, jumlah mahasiswa yang memperoleh predikat pujian atau kumlaud juga mengalami peningkatan, untuk Magister Manajemen (S2) sebanyak 66 orang yang mendapat pujian, mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, sedangkan untuk program Studi Manajemen (S1) sebanyak 99 orang mendapatkan predikat pujian dari 170 orang peserta wisudawan, dan program Studi Akutansi sebanyak 86 mendapat predikat pujian atau kumlaud dari 142 peserta wisudawan.

Capaian ini menunjukkan bahwa di 2021 wisudawan di STIE 66 dari tiga program studi mengalami peningkatan-peningkatan baik dari segi kuantitas atau jumlah wisudawan, nilai rata-rata IPK mahasiswa melebihi standar kelulusan 3,1.

“Masa studi mahasiswa juga hanya sekitar 40 persen dari peserta wisudawan yang empat tahun sedangkan 60 persen sisanya kurang dari empat tahun, bahkan untuk program Magister 50 persen  menyelesaikan masa studi 1 tahun 8 bulan,” papar Bahtiar.

Baca:   Wali Kota Kendari Minta Pengurus GPMB Kembangkan Literasi Tangkal Hoaks

Saat ini STIE 66 Kendari mendapatkan penilaian Akreditas dari BAN-PT dari 3 Program Studi Magister (S2) Manajemen, Program Studi Manajemen S1 dan Program Studi Akutansi S1 dengan predikat (B) sangat baik, yang menjadikan Civitas Akademika bangga dan tetap berusaha untuk meningkatkan kualitas dan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang professional di bidangnya masing masing.

“Ini mengacu pada aturan Kemendikbud Ristek nomor 44 tahun 2015 tentang standar pendidikan nadional,” pungkasnya.

Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan