Workshop Penulisan Konten dan Fotografi Pariwisata Digelar di Muna, Ketua DPRD Sultra: Kesempatan Memajukan Pariwisata di Era Digital

  • Bagikan
Ketua DPRD Provinsi Sultra, Abdurrahman Saleh saat memberikan sambutan dan membuka acara Workshop Ekonomi Kreatif Sub Sektor Media, Penulisan Konten dan Fotografi Pariwisata, (Foto: LM Nur Alim/SULTRAKINI.COM)
Ketua DPRD Provinsi Sultra, Abdurrahman Saleh saat memberikan sambutan dan membuka acara Workshop Ekonomi Kreatif Sub Sektor Media, Penulisan Konten dan Fotografi Pariwisata, (Foto: LM Nur Alim/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA Workshop Ekonomi Kreatif Sub Sektor Media, Penulisan Konten dan Fotografi Pariwisata kerjasama Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara dan Lulopedia.Tv resmi dibuka Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, Abdurrahman Saleh disalah satu hotel di Raha Kabupaten Muna, Jumat (19/11/2021).

Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara Abdurrahman Saleh mengatakan, berada dalam pelatihan ini sebagai bentuk rasa cinta kepada daerah terkhusus memajukan pariwisata Muna dan Sultra pada umumnya.

Menurut dia, generasi milenial saat ini harus berada digarda terdepan dalam memajukan pariwisata dengan saling bergandengan tangan, karena hanya dengan kebersamaan pariwisata daerah bisa maju.

“Di Sultra dalam mengelolah pariwisata masih secara sendiri-sendiri, kedepan harus dikelolah secara bersama, jangan ada yang berjalan sendiri. Kita akan menggalakan anak muda milineal untuk berbuat. Untuk itu melalui pelatihan ini, diharapkan bisa menghasilkan konten yang baik dan berimpek positif untuk memajukan pariwisata Sultra secara umum dan Muna secara khusus,” kata Abdurrahman Saleh dalam sambutannya.

Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara Abdurrahman Saleh (tengah belakang) bersama perseta pelatihan. (Foto: LM Nur Alim/SULTRAKINI.COM)

Dia menyampaikan, genesasi milenial harus lebih kreatif, bisa keluar dari konten yang biasa dan membuat sesuatu yang luar biasa. Olehnya itu, menurut dia, dengan pelatihan bisa menciptakan sumber daya manusia yang bisa memajukan pariwisata Sultra dan khsusnya di Muna diera digital saat ini.

Baca:   Disnaker Buton Kirim 16 Orang Ikuti Pelatihan di Bekasi

Mewakili Bupati Muna, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Muna, Amiruddin Ako dalam sambutannya menyampaikan, dengan mengikuti pelatihan penulisan konten dan fotografi pariwisata, dapat menambah ilmu dan bisa memajukan pariwisata Muna.

“Pelatihan yang sangat penting bagi pariwisata. Kedepan, bisa dilaksakan bukan hanya satu kali akan tetapi bisa tambah sampai dua kali sehingga sumber daya manusia kepariwisataan semakin mumpuni. Pengelolah kita masih lemah dalam mengelolah pariwisata kita di muna, apalagi sudah berbasis digital, kita akan sulit bergerak maju dan ini momennya kita berbenah,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan bisa dianggarkan oleh provinsi untuk pelatihan kepariwisataan. Untuk dapat memajukan skill pariwisata kita di Muna,” tambahnya dihadap ketua DPRD Provinsi Sultra.

Untuk menggambarkan pariwisata di Muna secara virtual, katanya, harus ada kalangan muda yang dilatih dan sudah tepat kegiatan saat ini.

“Dunia pariwisata saat ini milik kaum milenial, makanya kita mesti memperbaiki SDM dalam mengemas pariwisata diera digital sehingga bisa menciptakan ekonomi daerah dan lapangan pekerjaan,” ungkapnya.

Kepala dinas Pariwisata Propinsi Sultra La Ode Saifuddin yang diwakili Kabid Ekonomi kreatif, Syamsinah dalam sambutannya menyampaikan, sejak ketua DPRD Provinsi Sultra dipimpin oleh Abdurrahman Saleh, ia terus mendorong ekonomi kreatif di Sultra.

Baca:   Penduduk Usia Kerja di Sultra Terdampak Covid-19 11,35 Persen

Ia menyatakan, dalam memajukan ekonomi kreatif dan pariwisata di Sultra membutuhkan peran pemuda.

Dirinya sebagai pihak stakeholder provinsi, mengamini bahwa potensi pariwisata Muna sangat banyak dan Muna masuk dalam klaster pengembangan pariwisata paling kreatif, selain Kota Baubau, Kendari, Kolaka, Konawe, dan Wakatobi.

“Klaste pariwisata Muna ini cukup unik dan strategis. Dan kehadiran kaum milenial disini merupakan suatu kolaborator dan sinergitas yang kita ingin bangun di Sultra, agar ekonomi kreatif dan pariwisata bisa berkembang maju,” tandasnya. (B)

Laporan: LM Nur Alim
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan